5 Jajanan Pasar Ini Mulai Jarang Ditemui Lho. Penasaran?

5 Jajanan Pasar Ini Mulai Jarang Ditemui Lho. Penasaran

Jajanmakanan.com – Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal kaya akan kulinernya, terutama soal makanan tradisional. Makanan tradisional sekarang ini tidak hanya bisa ditemukan di pusat oleh-oleh, namun juga bisa ditemukan di pasar tradisional yang menjual berbagai jajanan pasar tradisional khas Indonesia yang sampai sekarang masih menajdi favorit.

Di pasar tradisional tersebut, tersedia kue kering dan kue basah dengan cita rasa berbeda dan unik dengan harga yang terjangkau. Sayangnya, sekarang, keberadaan jajanan pasar sudah mulai jarang ditemukan karena maraknya street food yang menjual makanan cepat saji yang sedang tren. Yuk simak apa saja sih jajanan pasar favorit yang sekarang sudah mulai sulit ditemukan! Cenil atau yang sering dikenal dengan Cetil adalah salah satu jajanan tradisional yang berasal dari Jawa. Mirip dengan Ongol-Ongol, Cenil terbuat dari tepung sagu atau tepung kanji yang dihidangkan dengan parutan kelapa dan taburan gula pasir. Dengan rasa yang tentunya manis, bentuk kue ini bisa dibilang cukup unik, ada yang bulat, lonjong dan juga persegi. Agar lebih menarik, kue inipun juga menggunakan pewarna tambahan. Cenil merupakan salah satu jajanan yang populer di Pacitan dan sering dijadikan sebagai salah satu makanan alternatif bagi warga Pacitan sebagai pengganti besar saat terjadi kelangkaan.

Menurut sejarah, tekstur lengket yang dimiliki kue ini merepresentasikan orang Jawa yang memiliki tali persaudaraan yang kuat dan sulit dipisahkan. Sekarang ini, Cenil hanya bisa ditemukan di beberapa tempat penjual kue subuh saja. Lupis juga tak kalah nikmat dengan jajanan pasar lainnya. Sama dengan Cenil, kue basah ini juga berasal dari Jawa yang memiliki bentuk unik, yaitu segitiga sama sisi. Jajanan yang terbuat dari beras ketan ini memiliki tekstur legit yang biasanya disajikan dengan siraman gula merah cair yang manis dan dipercantik dengan parutan kelapa di atasnya. Kue timus atau yang juga dikenal dengan timus lemet ini mungkin terdengar asing untuk sebagian besar masyarakat. Kue dari Jawa Tengah ini biasanya menjadi teman untuk bersantai sambil menikmati teh hangat. Kue timus ini terbuat dari singkong rebus, gula jawa, tepung sagu dan beberapa bahan sederhana yang lainnya. Kue timus ini dibungkus dalam daun pisang dan dilipat memanjang dan dikukus. Tekstur kue timus ini kenyal dan lengket di bagian luarnya.

Saat menggigitnya, kamu akan merasakan sensasi gula merah yang meleleh dan gurih di mulut. Tak kalah nikmat, getuk merupakan salah satu makanan yang juga menjadi favorit namun sudah jarang ditemukan. Getuk atau Gethuk ini adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah, yaitu dari Magelang yang sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang. Getuk ini terbuat dari singkong yang dikukus kemudian ditumbuk dan diberi tambahan gula dan parutan kelapa di atasnya. Ada dua jenis getuk yang menjadi favorit, yaitu getuk lindir dan getuk goreng dengan berbagai varian rasa seperti nanas, cokelat dan varian lainnya. Mungkin sebagian dari kita merasa penasaran saat mendengar nama camilan yang satu ini. Dongkal atau yang biasa disebut dengan Awung ini juga merupakan makanan khas Betawi yang juga banyak ditemukan di daerah Bogor dan Bandung yang juga seringkali dikenal dengan nama Dodongkal. Kue dongkal ini sebenarnya memiliki tekstur yang mirip dengan kue putu. Namun, pembuatannya yang berbeda. Kalau kue putu dibuat dari cetakan berbentuk pipa yang terbuat dari potongan bambu, kue dongkal ini dikukus secara alami. Kue ini berwarna putih polos dengan tektur yang belang-belang hasil lapisan yang berulang antara tepung beras dan gula jawa. Cara penyajian kue inipun juga unik, yaitu dibentuk seperti tumpeng dan dipotong kecil-kecil saat sudah matang. Sama seperti kue yang lainnya, dongkal ini juga diberikan taburan parutan kelapa. Nah, itu dia beberapa jajanan yang pernah favorit namun sudah mulai jarang ditemukan sekarang ini. Yang mana yang jadi favoritmu, ShopBackers?

Baca juga : Kumpulan Resep Makanan Jajanan Pasar

Selain modal yang kecil, jenis makanan yang akan saya tampilkan adalah jenis jajanan yang praktis dan tentunya laris. Lontong sayur sebenarnya masih banyak dicari oleh para anak sekolah, terutama yang sekolahnya dipedesaan. Lontong sayur merupakan jajanan yang fenomoenal, banyak yang kangen dengan jajanan sejenis ini. Lontong sayur adalah makanan yang terbuat dari nasi yang terlebih dahulu nasinya dibungkus, dan diberikan sayur. Contoh sayur untuk kasus ini bisa beragam, salah satunya adalah sayur gori. Sebenarnya dalam penyiapan jajanan ini tidak terlalu sulit. Hal yang perlu kita persiapkan sebelum memulai berjualan, buat lontong sehari sebelum jualan dan untuk sayur bisa dimasak pas pagi pagi. Lalu dibawa ke lokasi sekitar sekolah, cocoknya bisnis kelontong dilakukan oleh mereka yang memiliki kantin disekitaran sekolah. Sosis goreng adalah sosis yang digoreng yang dicampur dengan bumbu saos. Jenis makanan ini sangat disukai oleh anak sekolah, tidak hanya anak SD, anak SMA juga menyukai jenis jajanan seperti ini, selain enak, sosis juga sangat menggoda . Walaupun belum digoreng saja udah enak, apalagi bila sudah digoreng dan dicampur dengan bumbu racikan yang dibuat sendiri. Kalau ini adalah jajanan rakyat ya, tidak hanya anak sekolah saja yang doyan, namun masyarakat umum juga suka dengan jajanan jenis ini.