5 Resep Jajanan Pasar Dengan Bahan Baku Seharga Rp 30 Ribuan

5 Resep Jajanan Pasar Dengan Bahan Baku Seharga Rp 30 Ribuan

Jajanmakanan.com – Pada kesempatan kali ini, DuitPintar bakal membocorkan ke kamu tentang 5 resep jajanan pasar yang harga bahan bakunya cuma Rp 30 ribuan aja. Jajanan ini tentunya bisa buat camilan di rumah, atau dijual lagi di warung atau pasar terdekat. Siapapun bisa bahagia ketika melihat ada jajanan-jajanan enak ini di meja makan pada pagi hari. Biasanya, jajanan ini dibeli oleh ibunda tercinta saat beliau pergi ke pasar.

Mungkin rasanya sama enaknya kayak jajanan Imlek ya, atau malah lebih enak. Nah, alangkah lebih bahagianya lagi kalau kamu bisa bikin sendiri bukan? Ya bayangkan saja, dengan bujet minim kamu bisa bikin jajanan ini sendiri dalam jumlah yang lumayan banyak. Tanpa berlama-lama lagi, inilah lima resep jajanan pasar dengan total harga bahan baku sebesar Rp 30 ribuan saja. Tapi perlu dicatat ya, bahan baku yang dimaksud gak termasuk garam, gula putih, air, dan minyak, karena keempat bahan baku itu udah pasti ada di dapurmu. Siapa yang gak kenal dengan jajanan yang rasanya manis ini? Yuk ketahui bahan baku apa yang ada di resep jajanan pasar yang satu ini.

Campurkan tepung ketan, kelapa parut, dan garam ke dalam baskom. Lalu tuang santan sedikit demi sedikit. Aduk hingga rata sambil diuleni dan bisa dibentuk oval. Goreng di minyak panas dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecoklatan. Didihkan air dan masukkan daun pandannya, 50 gram gula merah, dan 50 gram gula pasir. Masak hingga berbuih dan mengental. Masukan gemblongnya dan aduk hingga permukaan gemblong rata terbalut gula. Matikan kompor, aduk lagi hingga gula kering dan mengeras. Setelah kering, segera sajikan. Bola-bola yang ditaburi kelapa ini, bila digigit bakal pecah dan mengeluarkan gula merah cair. Berikut bahan baku untuk membuat klepon. Masukkan tepung ketan ke dalam wadah, lalu tuangkan santan kara yang sudah dicampurkan segelas air. Setelah itu, ulen tepung ketan hingga membentuk adonan, dan beri sedikit pewarna makanan. Ambil sedikit adonan dan bentuk bulatan sambil diisi gula merah. Kukus kelapa parutnya dan beri sedikit garam. Rebus air hingga mendidih. Setelah itu, masukkan adonan yang sudah dibulatkan, dan tunggu sampai mengapung. Jika sudah mengapung, angkat adonan dan tiriskan. Masukkan adonan yang sudah matang ke kelapa parut lalu aduk-aduk rata dan pindahkan klepon ke piring saji. Sudah pasti donat yang satu ini rasanya gak kalah sama Dunkin Donat maupun JCo.

Yuk intip bahan baku buat resep jajanan pasar yang satu ini. Campur tepung, susu, gula, ragi, dan kentang menjadi satu. Lalu aduk dengan mixer sembari ditambahkan air sedikit demi sedikit. Tambahkan telur, margarin, dan garam. Diamkan adonan selama 30 menit dalam wadah yg sudah dioles mentega dan tepung. Lalu tutup dengan kain lap basah. Setelah adonan mengembang, tekan-tekan dengan jari agar adonan merata, lalu bulatkan sesuai porsinya. Diamkan selama 15 menit. Goreng donat di suhu rendah hingga luarnya menjadi gurih. Sajikan dengan taburan gula halus. Jajanan yang disantap dengan kuah gula merah ini juga maknyus lho. Mari intip apa saja bahan bakunya dan gimana cara membuatnya. Campur semua bahan, aduk rata menggunakan whisk, kemudian diamkan kurang lebih 30 menit. Setelah adonannya naik, langsung aduk sembari memanaskan teflon. Tuang satu sendok adonan surabi ke dalam teflon, biarkan sampai keluar gelembung-gelembung kecil. Tunggu hingga bagian bawahnya berwarna kecokelatan, awas gosong. Buat kuahnya dengan memasukkan semua bahan-bahan untuk membuat kuah, lalu masak hingga mendidih. Jangan lupa diaduk-aduk agar santannya gak pecah.

Baca juga : Kalori Mengejutkan Dari Jajanan Pasar

Masukan daun pandan dan sedikit garam. Cicipi rasanya, kalau kurang manis boleh ditambahkan gula pasir. Sajikan surabi dan kuahnya. Ini dia yang paling legendaris dan gak mungkin gak ada di pasar. Apalagi kalau bukan kue cucur yang biasanya dijual dalam kondisi berminyak. Berikut bahan baku dan cara membuatnya. Rebus gula merah sampai larut. Campur tepung dan garam, tuang air gula sedikit demi sedikit, aduk dengan sendok sayur sampai larut, tutup adonan, simpan dalam kulkas antara dua hingga empat jam. Goreng cucur dengan minyak secukupnya. Jika kamu mau berbentuk bunga di cucurnya, gak perlu dibalik kok. Siram saja bagian tengahnya dengan minyak yang ada di pinggiran cucur. Resep jajanan pasar mana yang jadi favoritmu? Itulah lima resep jajanan pasar yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Bayangin aja, dengan bujet yang gak sampai Rp 35 ribu, kamu udah bisa bikin dalam porsi besar lho. Mungkin di weekend ini kamu bisa belajar untuk praktik membuat jajanan pasar sendiri. Atau mungkin mau resep jajanan lain yang bakal disukai anak atau orang rumah? DuitPintar juga punya kok. Yuk, coba masak-masak aja akhir pekan ini!

Onde-onde berbentuk bulat dengan taburan wijen putih di atasnya. Onde-onde merupakan makanan tradisional dari ketan dan tepung terigu yang diisi pasta kacang hijau lalu digoreng. Ukurannya juga bervariasi, dari yang cukup besar sampai yang mini langsung hap. Dan jajanan ini masih jadi primadona, loh. Makanan tradisional dari ketan ini biasanya diisi dengan abon atau cincangan daging ayam. Dibungkus dengan daun pisang membuat rasa dan aromanya kian mantab. Di Jawa, lemper masih mudah ditemukan, biasanya juga digunakan sebagai jajanan pernikahan. Panganan ini biasanya digunakan untuk pengganjal perut sementara sebelum beralih ke makanan berat. Dadar gulung bisa juga disebut dengan pancake. Bedanya pancake biasanya tidak digulung, namun ini digulung, sesuai dengan namanya. Dadar gulung menggunakan isian berupa kelapa parut yang telah dimasak menggunakan gula. Rasa manis dan gurihnya inilah yang membuat banyak orang ketagihan. Jika dulu jajanan tradisional SD jaman dulu ini identik dengan luaran warna hijau, seiring perkembangan jaman, dadar gulung muncul dengan beragam warna unik, bahkan ada dadar gulung bermotif.