8 Jajanan Pasar Di Bawah 10 Ribuan

Jajanan Pasar Di Bawah 10 Ribuan

Jajanmakanan.com – Indonesia itu surga makanan. Banyak makanan enak yang sebenarnya lebih tasty daripada makanan-makanan Western ataupun makanan Asia Timur lainnya. Jajanan pasar misalnya. Banyak jajanan pasar yang sebenarnya lebih enak daripada dessert-dessert import. Nah, kamu kangen sama jajanan-jajanan pasar dan sedikit kesulitan menemukannya di Jakarta? Tenang aja, Qraved tahu kok dimana keberadaan jajanan pasar yang enak di Jakarta. Selain enak, harga jajanan pasar berikut ini ga ada yang mahal kaya dessert-dessert ala-ala gitu.

Semuanya di bawah 10 ribu. Cireng yang sering kita temui di jalanan ataupun di pasar, sekarang sudah ada di mall. Rasanya pun semakin beragam. Kayak yang dibuat sama Cireng Keraton ini. Di sini ada cireng isi daging sapi, ada yang isi pizza, yang isi teriyaki pun ada. Lumpia enak ga cuma di Semarang. Di Jakarta juga punya lumpia enak. Kulit lumpianya pun segurih yang ada di Semarang. Isiannya pun lengkap, ada wortel toge dan ayam. Harganya di bawah 10 ribu!

Dulu, sewaktu kecil kamu sering dibawain pastel kalau mama pulang dari belanja di pasar? Sering dong pastinya yah. Nah, sekarang kamu ga perlu lagi nitip beliin pastel kalau mama mau ke pasar. Soalnya ada Pastel Ma’ Cik. Selain lokasinya yang mudah dicari, pastel Ma’ Cik ini enak banget. Isiannya khas. Kulit pastelnya pun renyah. Enak deh. Cobain gih. Otak-otak juga udah “naik kelas”. Sekarang kalau kamu mau cari otak-otak enak, ga perlu ke stasiun kereta ataupun depan sekolah. Di mall pun ada. Otak-otak yang satu ini, berasa banget ikan tengirinya. Teksturnya juga lembut dan kenyal. Tampilannya juga tebel. Sambelnya pedas. Kue putu yang satu ini pecah banget. Bahkan dalam arti yang sesungguhnya. Kue putu yang lembut ini akan pecah di mulut dan mengeluarkan gula merah. Anehnya, meskipun gula merahnya tergolong manis, tapi ga bikin enek. Tapi justru bikin kita ketagihan. Oke, tahan sebentar. Qraved tahu, kamu sedang nelan ludah karena ngeliat foto di atas. Yap, kue rangi yang satu ini emang sedap dipandang mata dan lezat di mulut. Kue ranginya gurih dan berasa banget kelapanya. Gula merahnya manis tapi ga bikin enek. Teksturnya juga lembut. Asli, enak banget! Kue mochi yang biasanya ada di pasar sekarang udah gampang kita temui. Salah satunya ya di Mochi-Mochi ini. Di sini ada banyak pilihan rasa mochi. Kamu bisa milih sesuka hati. Dan apapun rasanya, mochinya lembut dan kenyal. Nah, kalau yang satu ini, jajanan pasar yang terkenal banget di Indonesia Timur. Kue Popaco. Keberadaannya di Pulau Jawa emang ga terlalu banyak. Tapi, kalau kamu mau, kamu juga bisa nyobain kue Popaco di Beautika. Di sini kue popaco-nya enak banget. Kenyal-kenyal lembut. Santannya juga berasa. Manisnya pun ga bikin enek. Kamu pasti akan ketagihan memakannya!

Itu lah yang buat jajanan anak-anak di sekolah ini berbahaya”. 5.2.3. Pendapat tentang Pengawasan Jajanan Di Sekolah “………perlu itu. Kan banyak yang jualan di samping dari pagar. Uda dilarang,tapi masih banyak yang jualan dari tempat lain. Masalah nya juga kan itu merusak pemandangan, apalagi dsne mbak berhadapan dengan kantor camat…….kemarin kan ada kantin, tapi pengawasnya lah niinggal, kemarin ada mbak….sebelumnya juga sudah dilarang jualan dari pagar. Dulu ada waktu pak Zaini jadi kepala sekolah,,,,sekarang ya lah ganti mbak, sekarng pak Usman, sejak itu kantin nya idak bejalan mbak. Perlu ditingkatkan lagi pengawasan pada pedagang-pedagang khususya pedagang yang dari SD lain itu,,,yang sembarangan na mrka datang, ya namanya juga anak-anak, diunjuk makanan galak be mereka, mana mreka idak tau apo be di dalamnya. Selain itu kantin nya perlu dibuka lagi mbak, anak kita lemak makan disana, klo bawa bekal pun lemak mbak. Dan guru juga harus memperhatikan mereka, biar dak ado lagi yang lompat pagar nak beli jajanan diluar.(EN: orang tua) ……..“.. Atau dak tu waktu upacara kepala sekolahnya ngomong tentang pedagang-pedagang ini Cuma kayak itu lah dek seminggu sudah tu ngulang lagi namonyo orang nyari duit dek kalau idak tu dak laku daganganya..” (mantan pedagang).

Baca juga : Makanan Sehat Yang Baik Dan Buruk Untuk Tubuh

“Perlu, tetapi untuk disekolah ini belum ada peraturan (kontrak tertulis) yang jelas untuk mengatur perdagangan jajanan sekolah. Pengawasan yang dilakukan pun tidak bersifat terpadu tetapi hanya satu atau dua pihak sekolah (guru) yang mengingatkan pedagang untuk memperhatikan kesehatan dari jajanan……..” Selama ini bentuk pengawasan yang ada hanya berupa himbauan saja kepada para pedagang. Karena kami dari pihak sekolah juga tidak berhak untuk melarang orang mencari rezekinya…..” Baru minggu kemarin, pihak Puskesmas Indralaya mengadakan penyuluhan kesehatan jajanan sekolah di SD ini. Tetapi ini sifatnya tidak rutin hanya sebatas keperluan Puskesmas saja. Penyuluhan ini mengajak anak-anak untuk membawa bekal makanan sendiri dari rumah”( ibu ER:Guru) “Iyo lah dek sudah pasti itu, kalo dak diawasi pasti bakal tambah bahayo. Kalo disekolah ini upaya yang sudah dilakukan memang belum maksimal dek, tapi kalo ibu dewek ngawasinyo dengan ngasih tau ke anak-anak yang ibu ajari kalo jajanan yang cak sosis tu dari daging tikus. Memang biso merubah kebiasaan jajan mereka dek, tapi itu-tu Cuma biso bertahan paling lamo 2 hari dek, sudah itu ngulang lagi mereka jajan sosis tu.