Aneka Jajanan Pasar Ini Cocok Untuk Ngemil

Aneka Jajanan Pasar Ini Cocok Untuk Ngemil

Jajanmakanan.com – Meskipun banyak yang bilang sering ngemil bisa membuat gemuk, tetapi nyatanya ngemil masih menjadi kegiatan favorit banyak orang di sela-sela kesibukan yang melelahkan. Bila biasanya makanan ringan seperti keripik menjadi menu favorit ngemil, nggak ada salahnya Anda untuk mencoba aneka jajanan pasar Indonesia ini, lho! Selain rasa yang enak dan harganya yang tergolong murah, jajanan-jajanan khas Indonesia ini juga lebih ampuh membuat kita cepat kenyang! Berikut 7 jenis jajanan pasar Indonesia yang wajib dicoba! Makanan yang bertekstur kenyal ini terbuat dari tepung beras ketan dan diisi dengan gula merah cair yang dijamin sukses nyiptain rasa manis dan lezat begitu sampai di lidah Anda. Onde-onde terkenal berasal dari daerah Mojokerto.

Makanan dengan rasa manis asli dari kacang hijau ini bertekstur garing dengan taburan biji wijen di bagian luarnya. Di beberapa tempat, Anda juga dapat membeli onde-onde dengan berbagai variasi rasa. Jajanan yang umumnya juga dijual di tukang gorengan ini terbuta dari singkong yang diparut halus kemudian digoreng berbentuk lonjong dengan oncom pedas sebagai isinya. Rasa garing dan pedas yang segar dari oncom membuat Combro cocok dijadikan cemilan di siang hari. Berbeda dengan Combro, isi dari Misro adalah gula merah cair seperti klepon. Sementara untuk bahan dasar, Misro terbuat dari bahan yang sama seperti Combro. Kue dengan warna-warni cantik dan mencolok ini bertekstur kenyal dan rasa manis yang pas. Kue lapis cocok dijadikan cemilan teman minum teh hangat. Penampilannya yang mirip Lontong kadang membuat orang tertukar. Lemper memang memiliki bentuk yang mirip dengan Lontong, yaitu sama-sama dibungkus dengan daun pisang. Namun, dari segi bahan berbeda. Lemper terbuat dari beras ketan dengan isi ayam atau abon. Karena terbuat dari beras ketan yang mengenyangkan, lemper juga sering dijadikan pilihan sarapan. Makanan yang sangat familiar di daerah Jawa Tebgah dan Timur ini terbuat dari camuran singkong dan gula. Rasa dari Getuk adalah manis dengan sedikit rasa gurih yang berasal dari parutan kelapa di luarnya.

Karena rasanya yang enak, orang Belanda kerap mengucap “lekker” setiap menyantap kue ini. Di siang hari yang terik, biasanya anak sekolah sangat suka menikmati makanan dan minuman yang segar dan manis untuk pelepas dahaga seperti es. Salah satu es yang banyak digemari di masa sekolah adalah es kue gabus. Jajanan anak sekolah yang berbahan dasar tepung hunkwe ini memiliki tekstur empuk dan lembut, tidak seperti es kebanyakan. Pembuatannya pun hanya membutuhkan tiga bahan yang mudah dicari dan murah seperti tepung hunkwe, gula pasir, dan kelapa. Gulali terbuat dari gula yang dikeraskan. Yang membuat unik jajanan ini adalah teksturnya yang lembek hingga bisa dibuat dalam bentuk apapun, seperti hewan, tumbuhan, atau tokoh kartun favorit kita. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang menyukai makanan manis ini. Meski terlihat sederhana dan murah meriah, bisnis jajanan anak sekolah bisa meraup hingga jutaan rupiah per bulannya. Pasalnya, semakin banyak generasi 90an yang ingin bernostalgia dengan kenangan masa kecil, salah satunya lewat jajanan masa sekolah mereka. Agar tidak membosankan, gunakan kreativitas kita untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Jawa Timur adalah kebanggaanku karena disalah satu kota ini aku dilahirkan,dibesarkan,sampai bekerja dan menetap disini. Kota onde-onde adalah julukan Kota Mojokerto, karena onde-onde adalah salah satu makanan khas mojokerto. Hampir semua toko kue di Kota Mojokerto menyediakan jajanan ini. Yang paling terkenal adalah Onde-onde Bo liem yang terletak di Jalan Niaga no 21 Mojokerto. Dan tidak lengkap rasanya kalau anda berkunjung ke kota mojokerto tidak mencicipi onde-onde. Dulu Onde-onde pasti isi kacang, sekarang sudah banyak variasi rasa, bentuk dan harga tentunya. Bahan kulitnya terbuat dari tepung ketan,tepung sagu,santan dan isinya biasanya terbuat dari kacang hijau yang dikukus bersama santan,gula,dan daun pandan dibentuk bulat dan digulingkan ke wijen sebelum digoreng. Bentuknya yang bulat dan berwarna hijau muda,Rasa yang tersimpan dari klepon sangat lezat,Karena manis gula merah sebagai isinya seperti madu. Rahasia kelezatan klepon memang pada isinya yang terbuat gula merah yang dicairkan lebih dulu.Sedangkan untuk kulit luar klepon berasal dari campuran adonan yang terbuat dari adukan tepung ketan, dengan air perasan daun pandan secukupnya.Setelah diuleni adonan dibulatkan sebesar kelereng.

Baca juga : Resep Jajanan Pasar Tradisional Kemplang

Lalu, diisi cairan gula. Setelah itu dimasukkan dalam panci berisi air mendidih. Tunggu sampai klepon mengapung, lalu diguling-gulingkan dalam parutan kelapa muda. Selain enak dan gurih, rasa manis yang berasal dari cairan kental gula merah pun begitu mendominasi. Beras ketan kemudian dimasukkan ke dalam daun pisang, diikat dan direbus. Setelah matang, lupis dipotong-potong menggunakan alat potong khusus hingga siap disajikan. Agar nikmat saat disantap, lupis dicampur bersama parutan kelapa serta gula merah yang sudah dicairkan. Cenil merupakan jajanan pasar tradisional khas Indonesia yang sampai saat ini masih terlihat banyak dijual. Terbuat dari singkong yang dicampur dengan agar-agar sehingga rasanya menjadi kenyal. Walaupun belum diketahui dengan pasti darimana kue ini berasal tapi di jawa timur kue ini banyak sekali dijual. Kue yang berisi gula jawa dan parutan kelapa, tepung beras butiran kasar. Kue ini di kukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan dan dijual pada saat matahari terbenam sampai larut malam.

Suara khas uap yang keluar dari alat suitan ini sekaligus menjadi alat promosi bagi pedagang yang berjualan. Kebanyakan warna dari kue putu ini adalah putih dan hijau. Makanan khas dari daerah Gresik ini. Dibuatnya dari campuran ketan hitam, ketan putih, santan kelapa dan gula.Kemasan jubung ini juga lain dari pada makanan tradisional yang biasa saya temui. Pembungkusnya adalah daun lontar yang dijahit membentuk sebuah cup atau gelas kecil. Pudak adalah makanan/kue khas kota Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Pudak juga ada yang berbahan sagu dan disebut pudak sagu. Pada perkembangannya, ragam pudak tidak terbatas 3 rasa macam saja seperti sebelumnya : pudak putih (gula pasir), pudak merah (gula jawa) dan pudak sagu. Jika kita berwisata atau berkunjung di kota Bojonegoro, apa salahnya jika kita menikmati jajanan tradisional yang ada di Bojonegoro. Pastinya jajanan tradisional yang harganya murah dan sangat pas di kantong dompet kita semua. Ledre adalah makanan khas Bojonegoro. Berbentuk gapit (seperti emping gulung) dengan aroma khas pisang raja yang manis. Sangat tepat untuk teman minum teh atau dan sajian tamu atau untuk oleh-oleh.