Jajanan Khas Pontianak Enak

Jajanan Khas Pontianak Enak – Bagi kamu yang sudah pernah ke Pontianak pasti kamu tahu kalau disana terdapat banyak sekali makanan khas yang bisa kamu cicipi dan memiliki rasa yang sangat enak. Pontianak merupakan salah satu kota yang memiliki beragam kuliner khas. Beberapa di antaranya sangat mudah ditemui dan harganya pas di kantong. Berikut rekomendasi jajanan khas Pontianak yang wajib kamu coba:

Jajanan Khas Pontianak Enak

1. Es Krim Angi

Es Krim Angi Jajanan pertama yang dicoba di Pontianak karena paling banyak direkomendasikan dan kayaknya paling menarik. Apa yang menarik dari es krim Angi ini? Rupanya di sini ada pilihan untuk esnya disajikan pakai batok kelapa muda. Kelapanya dibelah dua kemudian dipangkas kiri kanannya menyerupai mangkok dan agar bisa berdiri saat ditaruh di meja.

Mangkok kelapa itu kemudian diisi dengan 3 scoop es krim homemade yang boleh pilih sendiri rasanya. Konon katanya tiap hari varian rasanya belum tentu sama. Waktu itu kami pesan rasa coklat, nangka dan green tea. Begitu dimakan, rupanya masih ada kejutan di bawah tumpukan es krim itu karena ada jelly panjang seperti mi dan kacang merah. Setelah habis es krim dan isiannya, jangan lupa ngerok lapisan kelapa mudanya. Yummm!!

2. Pisang Goreng Srikaya

Pisang Goreng SrikayaPisang goreng srikaya ini kayaknya jajanan nomor 1 di Pontianak, secara di Pontianak ada banyak banget warung kopi dan pisang goreng srikaya ini cocok banget dijadikan teman ngopi. Sebelum sampe Pontianak kami sudah dapat bocoran kalau kami mesti coba pisang goreng srikaya di Warkop Suka Hati.

Tapi malam pertama waktu jalan-jalan di Jalan Gajahmada kami langsung tergoda dengan keramaian di Warkop Winny dan pisang gorengnya. Akhirnya kami coba pisang goreng srikaya di sana yang ternyata enak banget. Kulit tepung gorengnya crispy, pisangnya tidak terlalu lembek sehingga nyakres waktu digigit. Selai srikayanya juga bikin tambah legit di tiap potongannya.

Baca Juga : Jajanan Manis Khas Riau

3. Ce Hun Tiaw

Ce HUn TiawEs campur ala Pontianak, isinya kacang merah, cincau dipotong dadu kecil-kecil, semacam jelly bentuk panjang bening, ketan hitam dan sepotong bongko (kue hijau dengan pewarna alami pandan/daun suji). Bahan-bahan tersebut kemudian ditumpuk dengan es serut dan disiram kuah santan encer. Segerrr banget!

Ce Hun Tiaw di Pontianak paling banyak ditemukan di Jalan W.R Supratman (tapi kemungkinan orang lokal menyebutnya Jalan Waru). Di sana setidaknya ada 3 gerobak berjejer dengan nama yang hampir mirip: Ahin, Ahua, Ahui. Kalau tanya orang lokal, ada yang punya preferensi masing-masing, ada juga yang bilang sama saja lah.

4. Es Lidah Buaya & Es Kacang Merah

Es Kacang Merah & Es Lidah BuayaHabis makan malam kalau mau pencuci mulut yang tidak terlalu berat bisa melipir ke Jalan Gajahmada. Di sana ada banyak gerobak yang menjual berbagai minuman baik yang dingin ataupun yang hangat. Kami sempat coba es lidah buaya dan es kacang hijau. Disajikan pakai gelas plastik, sendok plastik dan sedotan. Lumayan seger-seger dingin dan isiannya pun cukup banyak. Selain es lidah buaya dan es kacang merah, gerobak-gerobak itu juga biasanya jual sari kacang hijau, liang teh dan air tahu.

5. Siobi (non-halal)

Siobi Acin PontianakBisa ditebak kalo siobi itu singakatan dari….Siomay Babi. Karena merupakan jajanan, yang jual siobi biasanya jual makanan lain juga. Kemarin ini kami sempat coba siobi di Bakso Acin yang lebih terkenal baksonya. Siobi-nya kecil-kecil dan disajikan dengan kondimen mayones encer dan cuka. Rasa ladanya agak kuat dan ada sedikit tekstur garing dari campuran adonannya. Tapi kami kurang suka karena agak terlalu lembek dan kulitnya sangat tipis (sampai sobek-sobek) sehingga tidak terasa.

Jajanan Manis Khas Riau

Jajanan Manis Khas Riau – Jajanan merupakan makanan yang sangat di buru oleh banyak orang terutama untuk orang yang tidak ingin memakan makanan yang berat dan membuat perut langsung kenyang. Berikut ini ada beberapa rekomendasi jajanan manis khas Riau yang bisa kamu coba

1. Kue asidah
Kue asidah menjadi salah satu kudapan manis khas Riau yang terbuat dari tepung terigu, kayu manis, daun pandan, dan cengkih.

Pada awalnya, kue asidah hanya bisa dinikmati oleh para raja Semenanjung Riau. Namun, kini siapa pun bisa menikmati kue asidah saat mengunjungi Riau.

Menawarkan cita rasa manis gurih berempah, kue asidah pun banyak dijadikan sebagai kudapan teman minum secangkir teh ataupun kopi oleh masyarakat setempat. Nikmat banget, ya!

Jajanan Manis Khas Riau

2. Kue bangkit
Kue bangkit juga menjadi salah satu camilan berupa kue kering khas Riau. Diberi julukan bangkit karena saat matang, kue ini mengembang dari adonan semula. Oleh karena itu, nama kudapan ini lebih familiar dengan sebutan kue bangkit.

Rasanya manis dan memiliki tekstur lembut yang crunchy di mulut, gak heran deh kalau kue bangkit banyak digandrungi oleh masyarakat Riau dan para pelancong yang berkunjung ke sana. Pas nih buat teman minum teh maupun kopi!

Baca Juga : Jajanan Enak yang Terbuat dari Telur

3. Bolu kemojo
Telah ada sejak 15 tahun yang lalu, bolu kemojo menjadi salah satu penganan warisan nenek moyang khas Riau yang tidak perlu diragukan lagi soal kualitas rasa. Kue ini erbentuk seperti bunga kamboja dengan dipadu aneka rasa durian, pandan, jagung, dan lain sebagainya.

Menawarkan varian rasa yang beraneka ragam, tentu amat disayangkan kalau gak memasukkan bolu kemojo ke dalam bucket list. Jadi, jangan lupakan bolu kemojo saat berkunjung ke Riau ya! Baik untuk dinikmati langsung maupun oleh-oleh, semuanya worth it.

4. Lempuk durian
Sebagai penghasil buah durian terbesar dan terenak, tentu daerah Riau bisa menjadi salah satu destinasi tempat makan durian yang recommended untuk disambangi. Gak melulu dimakan dalam bentuk buah utuh, wisatawan pun dapat mencicipi varian durian lewat olahan lempuk durian.

Lempuk durian sendiri memiliki tampilan seperti dodol dengan cita rasa manis legit alami tanpa pengawet dan memadukan tekstur lembut menggoyang lidah. Bikin nagih euy!

Jajanan Enak yang Terbuat dari Telur

Jajanan Enak yang Terbuat dari Telur – Telur merupakan salah satu bahan utama untuk membuat kue. Telur juga bisa di masak untuk berbagai masakan loh. Salah satunya menjadi sebuah jajanan ringan bagi anak-anak yang suka jajan

1. Maklor

Sesuai dengan namanya, maklor merupakan akronim dari “makaroni telor”. Proses pengolahan camilan ini pada dasarnya sama dengan cilor, yang membedakan hanya bahan dasar yang digunakan.

Jika cilor berbahan dasar aci, maklor menggunakan makaroni yang telah direbus kemudian digoreng dengan adonan telur.

Jajanan Enak yang Terbuat dari Telur

2. Martabak telur

Martabak telur ini memiliki rasa yang gurih dan bisa jadi sedikit pedas. Martabak telur ini terbuat dari kulit lumpia dan telur kemudian diberi bumbu bubuk dan saus. Jajanan ini banyak diburu anak-anak SD bahkan orang dewasa.

3. Sosis telur gulung

Sosis telur gulung ini merupakan jajanan paling populer di kalangan anak-anak sekolah dasar. Jajanan ini terbuat dari sosis yang sebelumnya digoreng setengah matang terlebih dahulu, kemudian digulung dengan telur yang dominan lebih sedikit dibanding ketika membuat telur gulung.

Sosis telur gulung biasa dijual seharga seribu rupiah.

Baca Juga : Daftar Jajanan Jaman Dahulu yang Bikin Kangen

4. Bihun telur gulung

Jajanan ini tidak jauh berbeda dengan sosis telur gulung karena yang membedakan hanya isinya saja. Jajanan ini juga populer dan banyak dijajakan di depan sekolah.

Bihun telur gulung ini terbuat dari bihun yang digoreng dengan telur dan dililit di sebuah batang lidi.

5. Cimin

Cimin ini terbuat dari tepung aci yang telah direbus, lalu dipotong berbentuk dadu kecil-kecil sebelum akhirnya digoreng dengan adonan telur yang sudah dikocok hingga merata. Untuk menambah cita rasanya, para pedagang kaki lima biasanya akan menambahkan bumbu penyedap seperti bubuk keju, bubuk cabai, dan masih banyak lagi.

6. Cilok telur gulung

Jajanan anak SD yang satu ini seolah tidak ada matinya. Rasa telur gulung yang gurih dan cilok yang legit memang bisa bikin siapa saja ketagihan. Bahkan, rasanya tidak cukup jika hanya menyantap satu atau dua tusuk saja.

Daftar Jajanan Jaman Dahulu yang Bikin Kangen

jajan

Daftar Jajanan Jaman Dahulu yang Bikin Kangen – Di jaman sekarang ini makanan semakin banyak dan semakin berinovasi. Tapi beberapa orang masih sangat nyaman dengan jajanan semasa sekolahnya dulu. Makanan jadul membuat kita sangat merindukan rasanya yang sangat khas di lidah kita. Namun, semakin berkembangnya waktu dan jaman, beberapa makanan jaman dulu jadi semakin sulit di temukan. Untuk kamu yang lahir tahun 90an pasti sangt merindukan jajanan yang sangat enak ini dengan harganya yang murah, rasanyapun tidak jauh mengecewakan. Jajanan jaman dulu harganya juga sangat bersahabat dengan dompet kita. Berikut adalah daftar jajanan jaman dulu yang bisa membuat kamu menjadi bernostalgia.

5

1. Es Lilin

Es lilin ini bukan berarti es yang terbuat dari lilin ya, melainkan es dengan bahan dasar kelapa muda kemudian diubah menjadi santan, ditambah gula, dan terakhir dibekukan. Es lilin ini dulu sering ditemukan di sekolah-sekolah. Cara berjualannya juga masih klasik, dengan menggunakan gerobak dorong berisi es lilin yang sudah dicetak dan siap dicelup ke dalam lelehan cokelat cair. Jenis makanan tempo dulu yang satu ini sangat menyegarkan jika disantap saat siang hari. Namun sayangnya, makanan ini sudah jarang ditemukan. Jika Anda ingin mencicipinya lagi sambil mengenang masa lalu dapat juga membelinya di toko-toko tertentu. Seperti, warung oleh-oleh Sunda atau lokasi tempat makan yang menyediakan aneka menu sajian khas Sunda.

2. Koya

Cemilan yang terbuat dari tepung kacang ini berisi kacang. Makanan tempo dulu ini menjadi favorit pada masanya. Namun, sekarang jajanan ini sudah jarang ditemukan, bahkan termasuk kategori jajanan langka. Dengan bentuk mini-persegi atau bulat kemudian ukiran berbentuk angka di permukaannya, cemilan ini mungkin bisa dikategorikan sebagai jajanan sehat karena bahannya terbuat dari kacang yang menyehatkan. Nah, ternyata memang masih ada juga cemilan jajanan yang bergizi diantara camilan-camilan dengan campuran MSG yang beresiko terhadap kesehatan.

Baca Juga : Inilah Resep Membuat Churros Enak

3. Agar-agar Karakter

Jenis makanan tempo dulu yang satu ini, selalu ramai dipenuhi anak-anak sekolah. Agar-agar yang dapat dibentuk dengan beraneka karakter seperti robot, rumah, alat transportasi, hingga aneka karakter lainnya selalu menarik perhatian anak-anak. Harga yang ditawarkan juga sangat murah yaitu lima ratus rupiah saja. Namun sekarang, sudah jarang ditemukan agar-agar seperti ini. Biasanya cara mengkonsumsi agar-agar ini dengan ditabur susu coklat cair dan mesis warna warni di atasnya.

4. Es Kue

Es kue atau bisa juga disebut es gabus ini merupakan salah satu jenis makanan tempo dulu yang sudah jarang ditemukan. Es berbahan dasar hungkue, santan, gula, dan sedikit garam ini memiliki tekstur seperti gabus ketika digigit. Es ini biasanya memiliki bentuk yang agak tipis dan beragam warna.

5. Arum Manis

Makanan tempo dulu yang satu ini biasa disebut dengan “rambut nenek”, gula-gula yang dibentuk menyerupai helaian rambut inilah penyebabnya. Arum manis atau harum manis ini sudah mulai jarang ditemukan, meskipun ada yang menjualnya harga yang ditawarkan sedikit mahal. Perpaduan antara opak alias kerupuk dengan gulali ini akan menambah rasa yang pas ketika digigit.

Inilah Resep Membuat Churros Enak

1

Inilah Resep Membuat Churros Enak – Churros merupakan makanan yang sangat mudah di buat. Jajanan ini menjadi sangat populer karena cara membuatnya yang cukup mudah dan bahan-bahan yang di perlukan untuk membuatnya pun cukup mudah di cari. Churros ini merupakan makanan dari Spanyol yang biasanya di jadikan cemilan dengan mencelupkannya kedalam saus coklat yang sudah di lelehkan. Bentuk churros ini adalah memanjang, bentuk ini di hasilkan dari proses pembuatan yang menggunakan corong cetakan kue sehingga bentuknya menjadi unik dan sangatlah khas. Berikut adalah resep membuat churros yang mudah.

5ea2e8e0baa2d

1. Cara membuat churros sederhana

Bahan-bahan:
– 250 ml susu UHT plain/air putih
– 100 gram butter/margarin
– 150 gram tepung Cakra
– 1/2 sdt garam
– 3 butir telur
– Topping (sesuai selera)
– Gula halus dan cinnamon powder
– Butterscotch
– Selai cokelat

Csra membuat:
– Siapkan panci, panaskan susu atau air, butter, garam, Sampai benar-benar mendidih. Matikan api, masukkan tepung Cakra, kemudian aduk sampai kalis.
– Lalu nyalahkan api kembali, aduk-aduk sampai dasar panci berselaput tipis sekita 2 menit.
– Dinginkan adonan sekitar 15 menit. Lalu siapkan mixer roti, masukkan telur satu per satu.
– Hasil akhirnya, adonan tidak terlalu padat dan tidak terlalu encer juga.
– masukkan adonan ke dalam plastik segitiga, ujungnya beri spuit berlubang besar.
– Bisa langsung dimasukkan di atas minyak goreng panas, gunakan api kecil. Goreng sampai kecokelatan.
– Churros yang sudah matang, gulingkan ke gula halus yang dicampur dengan bubuk kayu manis. Lalu hidangkan dengan toping sesuai selera.

Baca Juga : 10 Jajanan Enak Ini Harganya Cocok Banget Buat Yang Lagi Hemat

2. Cara membuat churros oreo

Bahan-bahan:
– 80 gram tepung terigu
– 2 sdm gula
– Garam secukupnya
– 250 ml air
– 1 sdm margarin
– 1 butir telur
– 8 buah oreo, sisihkan krim dan haluskan
– Filling (aduk jadi satu, masukkan piping bag)
– Cream cheese secukupnya
– Butter cream secukupnya
– Gula halus secukupnya
– Bubuk kayu manis

Cara membuat:
– Masak air, gula, garam, margarin hingga mendidih. masukkan bubuk oreo dan terigu, aduk-aduk hingga rata, dinginkan.
– Tambhakan telur, mixer hingga rata, siapkan piping bag dengan spuit bintang, tuang adonan churros, semprotkan memanjang kurang lebih 10 cm ke loyang yang sebelumya diberi plastik.
– Simpan di freezer selama 30 menit, keluarkan dan goreng dengan api sedang hingga mengembang.
– Gulingkan churros dalam toping kayu manis dan gula halus, beri lobang di ujung churros dengan sedotan, kemudian semprotkan dengan filling yang sudah dimasukkan ke piping bag.
– Sajikan churros selagi masih hangat.

3. Cara membuat churros keju Nuttela

Bahan-bahan:
Bahan pertama
– 125 ml susu cair
– 1 sdm gula pasir
– 1/4 sdm garam
– 20 gram keju parut
– 40 gram butter
Bahan kedua
– 2 sdm gula pasir
– 1 sdt kayu manis bubuk
– 100 gram tepung terigu
– 1 butir telur
– Nuttela

Cara membuat:
– Panaskan bahan pertama hingga mendidih, tunggu dingin, tambahkan terigu dan telur, masukkan piping bag yang sudah ada cetakan di ujugnya.
– Tata di atas loyang, jagan terlalu panjang, simpan di dalam freezer sebentar sebelum digoreng.
– Goreng adonan dengan api sedang hingga mengembang dan berwarna kecokelatan.
– Blender gula dan kayu manis bubuk, taburkan di atas churros dengan saringan, setelah itu colek dengan nuttela.

10 Jajanan Enak Ini Harganya Cocok Banget Buat Yang Lagi Hemat

jajanan

10 Jajanan Enak Ini Harganya Cocok Banget Buat Yang Lagi Hemat – Pernah gak sih kamu beli selembar kertas yang harganya gak lebih dari Rp 500 saja, tetapi harus bayar parkir Rp 2.000? Rasanya pasti gondok banget. Padahal uang Rp 2.000 itu penting lho.

jajanan2

Kita bisa beli berbagai jajanan kaki lima enak dengan selembar uang bergambar Pangeran Antasari ini. Emang iya masih ada makanan yang harganya gak lebih dari bayar parkir? Ada dong, banyak lagi kalau kamu mau keliling mencarinya. Apa saja sih? Simak deh di bawah ini:

1. Cakue

Makanan yang terbuat dari tepung, dipotong memanjang, lalu digoreng ini bisa buat ganjal perut kita pagi-pagi lho. Rasanya yang gurih terkadang dibuat topping bubur ayam. Hhmmm perpaduan yang pas deh. Satu buah cakue biasanya dijual mulai dari Rp 1.000 saja.

2. Sempol

Jajanan satu ini sangat populer di Jawa Timur, tepatnya di Kota Malang. Sempol, semacam pentol yang dibuat memanjang lalu ditusukkan ke lidi.

Setelah itu, dimasukkan dalam adonan telur dan digoreng. Rasanya kenyal-kenyal gurih, enak banget deh. Sempol ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 500 hingga Rp 1.000 saja per tusuknya, murah kan?

3. Gorengan

Bagi anak kos, uang Rp 2.000 itu sangatlah penting apalagi saat tanggal tua. Dengan uang segitu, kita bisa dapat tiga gorengan seperti tempe, bakwan atau tahu isi. Bisa buat lauk deh kalau lagi bokek berat, bener gak?

4. Sosis, Nugget, dan Tempura

Kalau kamu lagi jalan-jalan ke sekolah atau perkampungan, pasti nemu penjual “gorengan” yang ditusuk seperti sate ini. Jenisnyaa beragam, mulai dari sosis, nugget, tempura, bintang dan kornet. Harganya cuma Rp 500-Rp 1.000 saja per tusuk. Favorit deh buat anak-anak.

5. Pentol

Ini nih jajanan yang tak lekang oleh waktu, dari dulu sampai sekarang rasanya tetap sama, murah lagi. Kamu pun gak harus malu beli pentol cuma Rp 2.000 saja, karena bakal dapat seplastik pentol yang lumayan buat ganjal perut.

6. Tahu Bulat

Tahu bulat digoreng dadakan, gurih-gurih nyoi… Kamu pasti hafal dengan lagu tahu bulat yang hits itu. Jajanan satu ini selalu diserbu banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua karena rasanya yang gurih dan murah banget, cuma Rp 500 doang. Sudah pernah coba, kan?

7. Leker

Leker ini semacam krepes, hanya saja bentuknya lebih mini. Biasanya dijual di depan sekolah dengan topping bermacam. Mulai dari meses, pisang, dan roti tawar. Satu buah leker biasanya dijual cuma Rp 1.000 doang.

Baca Juga : Jajanan Manis Khas Lombok 

8. Es Puter

Lagi haus tapi cuma punya uang Rp 2.000 saja? Jangan khawatir, beli aja es yang biasanya dijual secara berkeliling dengan bunyi tong-tong gitu. Satu cup es krim atau es conenya cuma dihargai Rp 1.000 – 2.000 kok.

9. Terang Bulan atau Martabak Mini

Kalau liat terang bulan atau martabak kekinian dengan topping warna-warni pasti rasanya ngiler abis deh. Tapi kamu harus gigit jari karena harganya puluhan ribu satu per loyang.

Meski begitu, jangan khawatir. Kamu bisa kok menikmati versi mininya dengan harga mulai Rp 1.000 saja. Lebih enak karena bisa coba topping-topping lainnya.

10. Mie Telur

Kalau lagi jalan-jalan ke pasar malam atau festival kuliner, pasti nemu penjual mie telur. Adonan mie, telur, dan sayuran dituang dalam wajan berbentuk bulat-bulat kecil.

Makannya dicocol dengan saus tomat, makin maknyus. Biasanya dengan Rp 2.000, kita sudah dapat lima buat mie telur.

Gimana, penting banget kan ternyata uang Rp 2.000 itu? Kenyang itu gak harus mahal kok guys, dengan jajan kaki lima gini bisa sekalian nostalgia masa kecil lho.

Nah itu dia gais rekomendasi jajanan makanan yang enak dengan harga yang bisa di bilang cukup murah, semoga artikel ini membantu

Jajanan Manis Khas Lombok 

Jajanan Manis Khas Lombok 

Jajanan Manis Khas Lombok – Berikutnya kami akan memberi artikel terpercaya yang sudah kami ringkas dan buat seringan mungkin, agar bisa dibaca oleh segala kalangan,berikut jajanan manis khas Lombok.

Indonesia terkenal akan pulau-pulaunya yang beragam dan indah. Salah satu pulau unggulan untuk pariwisata adalah Pulau Lombok yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Saat berkunjung ke Lombok, kamu tidak hanya dimanjakan oleh pemandangan alam yang disajikan pulau indah ini tapi juga bisa menikmati keberagaman kuliner yang mereka miliki. Lombok terkenal dengan makanannya yang pedas, namun ternyata di Lombok juga banyak jajanan tradisional yang rasanya manis dan bisa menjadi teman perjalananmu saat di Lombok, lho!

1. Lupis

Lupis merupakan jajan tradisional yang biasanya dipotong bentuk segitiga. Kue ini terbuat dari ketan dan dibungkus dengan daun pisang lalu direbus dalam air hingga matang. Lupis biasanya dimakan bersama parutan kelapa dan gula merah.

Rasa ketan dalam adonan lupis dicampur dengan rasa gula merah membuat kombinasi rasa yang pas di dalam mulut. Lupis sangat mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional di Lombok.

2. Poteng Jaje Tujak

Poteng – jaje tujak merupakan camilan khas Lombok yang biasanya ditemukan saat hari raya atau pada acara tertentu. Poteng adalah beras ketan putih yang dicampur dengan tape dan melewati proses fermentasi terlebih dahulu. Sedangkan jaje tujak yang berarti jajanan yang ditumbuk merupakan hasil campuran dari ketan putih, ketan hitam, dan kelapa yang ditumbuk lalu dikukus.

Setelah matang, jaje tujak biasanya disajikan dalam potongan dadu lalu dimakan bersama dengan poteng. Rasa jaje tujak yang gurih dan poteng yang manis membuat makanan ini menjadi sangat lezat.

3. Kue Bantal

Kue ini diberi nama kue bantal karena bentuknya yang memang mirip dengan bantal yang kamu gunakan untuk tidur. Kue ini terbuat dari campuran ketan, parutan kelapa, dan garam yang ditengahnya diberikan potongan buah pisang. Kue ini dibungkus dengan daun kelapa dan dimasak dalam rendaman air mendidih. Kue bantal banyak dijual di sepanjang jalan menuju Lombok Timur saat lebaran atau bisa juga ditemukan di pasar tradisional.

Baca Juga:Brownies Lokal Paling Banyak Diminati 

4. Cerorot

Kue ini menarik perhatian karena bentuknya yang unik menyerupai terompet kecil. Bahan untuk membuat cerorot terdiri atas tepung beras, kelapa, gula pasir, gula aren, serta garam.

Semua bahan-bahan tersebut dimasak dan dimasukan ke dalam wadah cerorot yang terbuat dari daun kelapa yang sudah dibentuk seperti terompet dan dikukus selama satu jam. Cerorot rasanya manis dan bisa dimakan dengan dua cara yaitu dengan melepas lilitannya satu-persatu atau didorong dari bawah sampai isinya keluar.

5. Dodol Rumput Laut

Salah satu camilan paling favorit yang biasa menjadi oleh-oleh khas pulau Lombok adalah dodol rumput laut. Dodol ini memiliki tekstur seperti jelly yang lembut di mulut. Tersedia berbagai macam rasa seperti rasa durian, nanas, pisang, jahe, dan lain sebagainya. Selain rasanya yang enak, kandungan rumput laut juga baik untuk kesehatan.

Jajanan mana nih yang kira-kira menjadi favoritmu? Kalau ke Lombok jangan lupa masukan makanan-makanan di atas dalam list kulinermu, ya!

Brownies Lokal Paling Banyak Diminati 

Brownies Lokal Paling Banyak Diminati 

Brownies Lokal Paling Banyak Diminati – Berikutnya kami akan memberi artikel terpercaya yang sudah kami ringkas dan buat seringan mungkin, agar bisa dibaca oleh segala kalangan,berikut brownies lokal paling banyak diminati.

Brownies merupakan sebuah makanan yang dipanggang atau dikukus yang berbentuk persegi, datar atau bar dikembangkan di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan dipopulerkan di Amerika Serikat dan Kanada pada paruh pertama abad ke-20.

brownies kini semakin berkembang di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Beberapa brownies di kota tertentu bahkan menjadi oleh-oleh wajib daerah setempat.

Kue brownies pertama kali ditemukan di Amerika Serikat. Brownies sebenarnya adalah kue gagal yang ternyata rasanya sangat lezat. Si pembuat lupa memasukan adonan pengembang kue sehingga kuenya memiliki tekstur yang padat atau bantat.

Brownies sendiri merupakan perpaduan antara cake dan cookies. Teksturnya memang tidak seempuk cake, tapi juga tidak sekeras cookies.

Ada dua versi brownies di Indonesia, yakni brownies kukus dan brownies panggang. Biasanya, brownies kukus memiliki daya simpan yang lebih singkat dibanding brownies panggang.

Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan sajian browniesnya adalah Bandung. Kalau kamu sedang mencari kue brownies lokal, berikut merahputih.com sajikan beberapa pilihan toko brownies lokal yang enak dan bikin nagih, dilansir iStyle;

1. Brownies Ketan Rumah Fifa
Brownies olahan ketan ini beda dari brownies yang lain. Rasa dan teksturnya unik karena terbuat dari tepung ketan hitam. Perpaduan ketan hitam dan rasa cokelat ternyata cocok di lidah. Santap dengan segelas teh hangat agar makin lezat.

Baca Juga:Jajanan Tempo Dulu

2. Brownies Nutella Brownie Holic
Brownies yang satu ini bukan brownies biasa. Bentuknya yang bulat bertekstur lembut dengan perpaduan coklat membuat rasa coklatnya sangat kuat. Apalagi ditambah olesan Nutella yang siap meledakkan kelezatannya.

3. Brownies Kukus Amanda
Brownies kukus Amanda selalu jadi oleh-oleh juara khas Bandung. Rasanya yang khas dan enggak pernah mengecewakan hati pelanggan.

4. Brownies Fruity Dheline’s
Rasakan sensasi perpaduan rasa cokelat dan sukade dalam sepotong brownies lezat dari Dheline’s. Diolah menggunakan bahan-bahan berkualitas sehingga menghasilkan cita rasa terbaik. Hidangkan brownies fruity sebagai sajian di saat waktu luang

Jajanan Tempo Dulu

Jajanan Tempo Dulu

Jajanan Tempo Dulu – Mungkin anda sudah pernah membaca artikel serupa atau sejenis,tapi artikel ini berbeda karena sudah kami ambil dari sumber terpercaya , berikut mengenai jajanan tempo dulu.

Makanan tempo dulu selalu membuat rindu penikmatnya. Terutama bagi mereka yang sudah pernah mengkonsumsinya. Namun, seiring berkembangnya zaman, makanan tempo dulu semakin sulit untuk dinikmati. Seperti berikut ini beberapa makanan tempo dulu yang bikin kangen untuk mengkonsumsinya kembali.

1. Es Lilin

Es lilin ini bukan berarti es yang terbuat dari lilin ya, melainkan es dengan bahan dasar kelapa muda kemudian diubah menjadi santan, ditambah gula, dan terakhir dibekukan. Es lilin ini dulu sering ditemukan di sekolah-sekolah. Cara berjualannya juga masih klasik, dengan menggunakan gerobak dorong berisi es lilin yang sudah dicetak dan siap dicelup ke dalam lelehan cokelat cair. Jenis makanan tempo dulu yang satu ini sangat menyegarkan jika disantap saat siang hari. Namun sayangnya, makanan ini sudah jarang ditemukan. Jika Anda ingin mencicipinya lagi sambil mengenang masa lalu dapat juga membelinya di toko-toko tertentu. Seperti, warung oleh-oleh Sunda atau lokasi tempat makan yang menyediakan aneka menu sajian khas Sunda.

2. Koya

Cemilan yang terbuat dari tepung kacang ini berisi kacang. Makanan tempo dulu ini menjadi favorit pada masanya. Namun, sekarang jajanan ini sudah jarang ditemukan, bahkan termasuk kategori jajanan langka. Dengan bentuk mini-persegi atau bulat kemudian ukiran berbentuk angka di permukaannya, cemilan ini mungkin bisa dikategorikan sebagai jajanan sehat karena bahannya terbuat dari kacang yang menyehatkan. Nah, ternyata memang masih ada juga cemilan jajanan yang bergizi diantara camilan-camilan dengan campuran MSG yang beresiko terhadap kesehatan.

Baca Juga:Jajanan Indonesia yang dikenal Mancanegara

3. Agar-agar Karakter

Jenis makanan tempo dulu yang satu ini, selalu ramai dipenuhi anak-anak sekolah. Agar-agar yang dapat dibentuk dengan beraneka karakter seperti robot, rumah, alat transportasi, hingga aneka karakter lainnya selalu menarik perhatian anak-anak. Harga yang ditawarkan juga sangat murah yaitu lima ratus rupiah saja. Namun sekarang, sudah jarang ditemukan agar-agar seperti ini. Biasanya cara mengkonsumsi agar-agar ini dengan ditabur susu coklat cair dan mesis warna warni di atasnya.

4. Es Kue

Es kue atau bisa juga disebut es gabus ini merupakan salah satu jenis makanan tempo dulu yang sudah jarang ditemukan. Es berbahan dasar hungkue, santan, gula, dan sedikit garam ini memiliki tekstur seperti gabus ketika digigit. Es ini biasanya memiliki bentuk yang agak tipis dan beragam warna.

5. Arum Manis

Makanan tempo dulu yang satu ini biasa disebut dengan “rambut nenek”, gula-gula yang dibentuk menyerupai helaian rambut inilah penyebabnya. Arum manis atau harum manis ini sudah mulai jarang ditemukan, meskipun ada yang menjualnya harga yang ditawarkan sedikit mahal. Perpaduan antara opak alias kerupuk dengan gulali ini akan menambah rasa yang pas ketika digigit.

Jajanan Indonesia yang dikenal Mancanegara

Jajanan Indonesia yang dikenal Mancanegara – Berikut ini merupakan artikel tentang daftar jajanan Indonesia yang terkenal sampai ke mancanegara.

Jajanan Indonesia yang dikenal Mancanegara

Selain terkenal dengan destinasi yang eksotis di berbagai pulau, Indonesia juga terkenal dengan makanan tradisionalnya. Nah, kali ini kita akan membahas jajanan pasar atau kue-kue tradisional, yang selalu jadi favorit banyak orang. Bahkan, kue-kue tradisional ini sudah mendunia. Apa saja itu?

1. Klepon
Kue berbentuk bulat hijau dengan taburan parutan kelapa di dalamnya ini punya keunikan yang beda dari kue-kue lokal lainnya. Ini termasuk salah satu kue favorit saya karena Anda harus hati-hati saat makan. Bisa jadi, Anda menyemburkan gula merah kemana-mana. Ya, kue klepon ini berisi gula merah cair, yang begitu Anda gigit, gula tersebut ‘meleleh’ di mulut.

2. Kue lapis legit
Kalau menurut kepercayaan orang tua saya, kue lapis legit ini menggambarkan rezeki. Tidak heran kalau setiap imlek, kue ini selalu tersedia dalam perayaan tersebut. Legit sendiri dalam bahasa Jawa artinya manis. Kue legit ini terbuat dari bahan dasar tepung, kuning telur, gula, dan mentega atau margarin.

3. Putu Mayang
Setiap kali ke pasar, saya selalu mencari kue satu ini. Kue tradisional yang terkenal dengan warna terang dan bentuknya yang keriting, terbuat dari ubi merah. Biasanya ditaburi santan gula jawa atau parutan kelapa.

Baca Juga :Street Food Korea yang Mendunia

4. Getuk
Kalau Anda jalan-jalan ke Jawa Tengah, Anda pasti menemukan kue tradisional satu ini. Kue getuk terbuat dari bahan dasar singkong, yang punya rasa gurih dan manis dengan taburan kelapa di atasnya. Lebih nikmat kalau Anda menyantapnya dengan teh pahit hangat.
sumber image: sejarahunik

5. Bika Ambon
Namanya memang Ambon, tetapi kue ini bukan berasal dari Ambon, melainkan dari Medan. Kue ini pertama kali diproduksi dan populer di simpang Jalan Ambon-Sei Kera, Medan. Jadinya, kue ini dikenal dengan sebutan bika ambon.Kue bika Ambon ini terbuat dari tepung sagu. Warnanya yang kuning dengan tekstur yang agak kenyal, membuat Anda tidak cukup menikmati hanya sepotong.