Jajanan Khas Pontianak Enak

Jajanan Khas Pontianak Enak – Bagi kamu yang sudah pernah ke Pontianak pasti kamu tahu kalau disana terdapat banyak sekali makanan khas yang bisa kamu cicipi dan memiliki rasa yang sangat enak. Pontianak merupakan salah satu kota yang memiliki beragam kuliner khas. Beberapa di antaranya sangat mudah ditemui dan harganya pas di kantong. Berikut rekomendasi jajanan khas Pontianak yang wajib kamu coba:

Jajanan Khas Pontianak Enak

1. Es Krim Angi

Es Krim Angi Jajanan pertama yang dicoba di Pontianak karena paling banyak direkomendasikan dan kayaknya paling menarik. Apa yang menarik dari es krim Angi ini? Rupanya di sini ada pilihan untuk esnya disajikan pakai batok kelapa muda. Kelapanya dibelah dua kemudian dipangkas kiri kanannya menyerupai mangkok dan agar bisa berdiri saat ditaruh di meja.

Mangkok kelapa itu kemudian diisi dengan 3 scoop es krim homemade yang boleh pilih sendiri rasanya. Konon katanya tiap hari varian rasanya belum tentu sama. Waktu itu kami pesan rasa coklat, nangka dan green tea. Begitu dimakan, rupanya masih ada kejutan di bawah tumpukan es krim itu karena ada jelly panjang seperti mi dan kacang merah. Setelah habis es krim dan isiannya, jangan lupa ngerok lapisan kelapa mudanya. Yummm!!

2. Pisang Goreng Srikaya

Pisang Goreng SrikayaPisang goreng srikaya ini kayaknya jajanan nomor 1 di Pontianak, secara di Pontianak ada banyak banget warung kopi dan pisang goreng srikaya ini cocok banget dijadikan teman ngopi. Sebelum sampe Pontianak kami sudah dapat bocoran kalau kami mesti coba pisang goreng srikaya di Warkop Suka Hati.

Tapi malam pertama waktu jalan-jalan di Jalan Gajahmada kami langsung tergoda dengan keramaian di Warkop Winny dan pisang gorengnya. Akhirnya kami coba pisang goreng srikaya di sana yang ternyata enak banget. Kulit tepung gorengnya crispy, pisangnya tidak terlalu lembek sehingga nyakres waktu digigit. Selai srikayanya juga bikin tambah legit di tiap potongannya.

Baca Juga : Jajanan Manis Khas Riau

3. Ce Hun Tiaw

Ce HUn TiawEs campur ala Pontianak, isinya kacang merah, cincau dipotong dadu kecil-kecil, semacam jelly bentuk panjang bening, ketan hitam dan sepotong bongko (kue hijau dengan pewarna alami pandan/daun suji). Bahan-bahan tersebut kemudian ditumpuk dengan es serut dan disiram kuah santan encer. Segerrr banget!

Ce Hun Tiaw di Pontianak paling banyak ditemukan di Jalan W.R Supratman (tapi kemungkinan orang lokal menyebutnya Jalan Waru). Di sana setidaknya ada 3 gerobak berjejer dengan nama yang hampir mirip: Ahin, Ahua, Ahui. Kalau tanya orang lokal, ada yang punya preferensi masing-masing, ada juga yang bilang sama saja lah.

4. Es Lidah Buaya & Es Kacang Merah

Es Kacang Merah & Es Lidah BuayaHabis makan malam kalau mau pencuci mulut yang tidak terlalu berat bisa melipir ke Jalan Gajahmada. Di sana ada banyak gerobak yang menjual berbagai minuman baik yang dingin ataupun yang hangat. Kami sempat coba es lidah buaya dan es kacang hijau. Disajikan pakai gelas plastik, sendok plastik dan sedotan. Lumayan seger-seger dingin dan isiannya pun cukup banyak. Selain es lidah buaya dan es kacang merah, gerobak-gerobak itu juga biasanya jual sari kacang hijau, liang teh dan air tahu.

5. Siobi (non-halal)

Siobi Acin PontianakBisa ditebak kalo siobi itu singakatan dari….Siomay Babi. Karena merupakan jajanan, yang jual siobi biasanya jual makanan lain juga. Kemarin ini kami sempat coba siobi di Bakso Acin yang lebih terkenal baksonya. Siobi-nya kecil-kecil dan disajikan dengan kondimen mayones encer dan cuka. Rasa ladanya agak kuat dan ada sedikit tekstur garing dari campuran adonannya. Tapi kami kurang suka karena agak terlalu lembek dan kulitnya sangat tipis (sampai sobek-sobek) sehingga tidak terasa.