Kumpulan Resep Makanan Jajanan Pasar

Kumpulan Resep Makanan Jajanan Pasar

Jajanmakanan.com – Getas ketan hitam ini merupakan variasi dari kue gemblong pada resep sebelumnya, dengan ciri khas berupa penggunaan tambahan tepung ketan hitam selain tepung ketan putih dan salutan gula yang berwarna putih.

Karena istilah gemblong dan getas bisa saling menggantikan, maka getas ketan hitam ini juga bisa disebut gemblong ketan hitam. 1. Campur tepung ketan putih, tepung ketan hitam, kelapa parut kasar, dan garam. 2. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. 3. Ambil sedikit adonan. Bentuk bulat lonjong pipih. 4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang. 5. Bahan Besta : Panaskan gula pasir, air, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai kental dan berbusa. 6. Tambahkan getas. Aduk sampai terbalur besta gula. Matikan api. Aduk lagi sampai balutan besta gula merata dan kering. Cake tape ketan kukus ini dibuat dengan memakai campuran bahan-bahan tradisional khas nusantara, yakni tape ketan hijau (tape ketan yang diberi pasta atau esens pandan) dan tape ketan hitam. Cake tape ketan kukus ini cocok dijadikan sebagai kudapan manis sebagai teman minum teh di sore hari.

Cara membuatnya sangat mudah, tinggal dikukus dan bahan-bahannya pun cukup murah. 1. Kocok telur bersama gula hingga mengembang. Tambahkan tepung yang sudah diayak. Aduk perlahan hingga rata. 2. Masukkan santan. Aduk rata. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Masing-masing beri tape ketan hijau dan tape ketan hitam. 3. Panaskan dandang. Tuang setengah bagian adonan hijau ke dalam cetakan/loyang persegi. Kukus hingga beku. Tuang adonan hitam. Kukus kembali. Lakukan hal yang sama hingga seluruh adonan habis. Kukus kembali selama 25 menit. Di Pulau Jawa, kue tradisional nusantara dengan bentuk bulat kecil berisi gula merah dan dilumuri parutan kelapa ini diberi nama kue klepon, sedangkan di Pulau Sumatera, kue yang berciri hampir sama ini namun dengan ukuran lebih besar dan berbentuk lonjong diberi nama onde-onde. Onde-onde atau klepon versi Sumatera bisa juga dibuat dengan menggunakan campuran ubi jalar dan tepung tapioka tanpa menggunakan tepung ketan. Di Jawa sendiri, kue dengan nama onde-onde ditujukan untuk kue yang berbentuk bola kecil, digoreng dan ditaburi wijen. 1. Campur parutan kelapa dengan garam. Aduk rata, kukus matang dan sisihkan. Kue dadar gulung, populer dikenal dengan nama kue dadar adalah salah satu kue nusantara yang merupakan jajanan pasar favorit yang paling sering dijumpai dijual di pasar tradisional. Kue dadar gulung sangat populer dan disukai berbagai lapisan masyarakat Indonesia karena cita rasa kuenya yang enak. Tekstur kulit kue dadar gulung yang lembut, dengan warna hijau beraroma wangi pandan, diisi parutan kelapa muda manis yang diberi gula jawa senantiasa memikat dan menggoda selera setiap orang untuk mencicipinya.

Bandung tidak hanya dikenal dengan beragam tempat wisata yang unik tapi juga aneka ragam kuliner kreatif kekinian. Salah satu buktinya bisa kamu lihat di jajanan kaki lima Bandung. Selain enak, harganya pun juga murah. Berikut ini daftar jajanan kaki lima Bandung yang wajib kamu coba saat melancong ke sana. Sebutan comro ternyata adalah singkatan dari oncom di jero yang dalam bahasa indonesia artinya oncom di dalam. Comro dibuat dengan menggunakan adonan parutan singkong yang dibentuk bulat lonjong. Di bagian tengahnya diisikan oncom berbumbu yang memberi rasa gurih dan pedas. Cemilan ini cocok dimakan bersama saat santai bersama keluarga. Dijamin kamu bakal ketagihan deh! Nah, kalau yang satu ini saudara kembarnya comro tapi memiliki cita rasa manis. Walaupun bahan dasarnya sama, yaitu adonan parutan singkong, isiannya sangat berbeda. Kalau comro diisi sambal oncom yang gurih pedas, maka misro menggunakan gula merah yang manis. Namanya pun mengandung arti sesuai dengan rasanya. Misro, amis di jero dalam bahasa Indonesia artinya manis di dalam. Kamu pasti sudah sangat mengenal jajanan yang satu ini kan? Cireng merupakan singkatan dari aci goreng. Sesuai dengan namanya, cireng berbahan dasar aci yang sudah dibumbu gurih lalu digoreng. Rasanya yang empuk dan kenyal membuat semua orang jatuh cinta.

Baca juga : 8 Jajanan Pasar Di Bawah 10 Ribuan

Kini, cireng bahkan sudah banyak dikombinasikan dengan beragam bahan makanan seperti sosis dan keju yang membuat tambah gemes. Bahkan ada juga hidangan rujak cireng yang menggabungkan antara cireng dengan saus rujak. Cireng dapat dengan mudah kamu temui di gerobak para pedagang kaki lima. Kalau mau yang sedikit lebih mewah, kamu bisa berkunjung ke kafe-kafe kekinian di Bandung yang menawarkan aneka menu modifikasi cireng. Kalau cireng adalah aci digoreng, maka cimol adalah aci digemol. Digemol artinya dibuat bulat-bulat. Setelah dibentuk bulat-bulat, cimol lalu digoreng dan dimakan dengan bumbu tambahan seperti bumbu pedas, barbeque, asam manis dan lain sebagainya. Makan cimol memberikan sensasi makan cireng namun lebih ringan dan kenyal. Cimol paling pas disantap saat hangat dengan ditemani minuman favoritmu. Masih dari keluarga aci. Yang satu ini memang juaranya jajanan Bandung deh. Apalagi kalau bukan cilok alias baso aci. Cilok ini sepintas memang mirip dengan baso tapi hanya terbuat dari aci tanpa tambahan daging.