Makanan Sehat Yang Baik Dan Buruk Untuk Tubuh

Makanan Sehat Yang Baik Dan Buruk Untuk Tubuh

Jajanmakanan.com – Ada banyak jajanan anak yang tidak sehat nah, untuk anda yang belum tahu ciri jajanan anak yang tidak sehat silahkan ulas informasi selengkapnya disini sekarang juga. Banyak anak tetap jajan sembarangan meski telah dibawakan bekal oleh orangtua atau ada jajanan di kantin sekolah. Padahal, jajanan di luar sekolah belum terjamin keamanan dan kebersihannya. Oleh karenanya, orangtua dan guru sebaiknya memberikan informasi kepada anak cara memilih jajanan yang sehat.

Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Universitas Indonesia Ahmad Syafiq mengungkapkan bagaimana mengenali jajajan anak yang sehat dan tidak sehat. Dalam buku edukasi gizi Gerakan Nusantara dijelaskan, ciri-ciri jajanan tidak sehat antara lain warna makanan terlalu mencolok, rasanya sangat tajam, misalnya sangat gurih dan ada rasa pahit. Dari sisi kebersihan, makanan disimpan di tempat terbuka, berdebu, dan banyak lalat. Makanan juga hanya dibungkus dengan kertas bekas atau koran bekas. Sementara bentuknya bisa sangat kenyal, keras, gosong, dan berbau kurang enak. Adapun kriteria makanan sehat, yaitu aman dari bahaya fisik, seperti bebas dari debu, pasir, rambut, dan kuku. Kriteria kedua yaitu, aman dari bahan kimia. Misalnya, tidak menggunakan bahan pengawet, pewarna, maupun penyedap rasa yang berlebihan atau tidak sesuai dosis yang dianjurkan. Kemudian, makanan juga disimpan ditempat yang bersih, tidak berbau, dan kemasannya tidak rusak.

Gula merahnya yang lumer dan ketan yang kenyal di luarnya, akan memberikan sensasi chewy ketika kamu mengunyah lupis. Tepung kanji atau beras adalah bahan utama dalam membuat putu mayang. Selesai dicetak menyerupai mie, putu mayang akan disajikan dalam kuah yang terbuat dari gula merah. Kebayang dong kenyalnya putu mayang dan segarnya gula merah disatukan? Di jaman sekarang, orang-orang banyak yang menyukai pancake asal negeri barat. Padahal Indonesia sudah memiliki pancake-nya sendiri lho dari jaman dulu. Yup, Dadar Gulung ini merupakan pancake Indonesia yang disajikan dengan gula merah campur parutan kelapa yang digulung oleh kulit dadar yang biasanya berwarna hijau ini. Panganan satu ini merupakan panganan yang terbuat dari tepung beras yang dicampur air dan garam juga gula merah. Kemudian dikukus dan disajikan dalam daun kelapa dengan topping parutan kelapa. Itulah 7 Jajanan Pasar dengan Gula Merah yang masih Hitz hingga kini. Kamu sudah pernah nyobain semuanya, belum? Kalau belum, ayo segera pergi ke pasar atau toko kue terdekat dan rasakan sensasi manis dan lumer ke tujuh jajanan pasar ini di mulutmu!

Kata siapa kue jajanan pasar hanya bisa kita temukan di pasar tradisional? Kalau kalian mengunjungi restoran Indonesia kelas atas, kalian juga akan menemukan sajian jajanan pasar yang disediakan sebagai makanan penutup mulut. Tapi memang dari segi penampilan, kue jajanan pasar yang dijual di restoran mewah ini seakan naik kelas. Platingnya ditata begitu apik sehingga memancarkan kesan elegan dan mewah, selaras dengan atmosfer yang dibawa oleh restoran tersebut. Meski begitu, rasanya tetap sama seperti jajanan pasar yang selama ini kita kenal. Bahkan lebih enak dan sedap karena terbuat dari bahan-bahan premium. Jika kalian penasaran untuk mencicipi kue jajanan pasar ala restoran bintang lima, kami punya 12 rekomendasi tempat yang tidak boleh kalian lewatkan. Beragam hidangan Indonesia tersedia lengkap di Eastern Opulence. Jika ditanya dessert apa yang paling favorit di sini, jajanan pasar menjadi rekomendasi terbaiknya. Kalian bisa menikmati onde-onde yang legit. Penyajiannya sederhana, tapi kesan mewah tetap terasa. Dalam satu porsi, kalian bisa menikmati tiga buah onde-onde yang diletakkan di atas sendok berwadahkan piring dengan hiasan daun pisang yang bikin sajian ini makin membumi.

Baca juga : Jajan Sarapan Enak Di Pasar Prembaen

Rasa onde-ondenya manis dan kenyal, cocok menjadi hidangan penutup mulut setelah mengisi perut dengan Garang Asam, Gurame Ubud, dan Nasi Pandan andalan Eastern Opulence. Lokasi: Eastern Opulence, Jl. Cipaku I No. 85, Dharmawangsa, Jakarta. Siapa coba yang tak kenal Bunga Rampai? Restoran yang terletak di Menteng ini dikenal dengan desain interiornya yang ciamik dan sarat akan nilai historikal karena menggunakan rumah peninggalan bangsa Belanda. Tak hanya tempatnya yang menarik, makanan yang bisa kita nikmati di sini juga akan membuat kita lupa daratan karena kelezatannya. Di restoran Indonesia yang mewah ini, kalian akan dimanjakan dengan beragam kue jajanan pasar yang autentik. Sebut saja lumpia, klepon, dan juga kue pancong yang bisa dinikmati sebagai sajian high tea. Lokasi: Bunga Rampai, Jl. Teuku Cik Ditiro No. 35, Menteng, Jakarta. Telp. Berlokasi di daerah SCBD, Kila Kila hadir dengan menu makanan khas Indonesia yang khas dan mengenyangkan. Spesialnya lagi, mereka punya pilihan kue jajanan pasar yang menggoyang lidah.