RESEP ANEKA JAJANAN TRADISIONAL INDONESIA

RESEP ANEKA JAJANAN TRADISIONAL INDONESIA – Banyak sekali makanan tradisional di Indonesia , ada rasa manis ,asam,pedas,gurih,dan ada lebih banyak lagi rasa rasa yang lain di makanan Indonesia.

Selain makanan khas, aneka jajanan tradisional di Indonesia ada beragam. Setiap daerah di Indonesia mempunyai makanan tradisional yang menjadi ciri khas sendiri. Biasanya makanan tradisional ini dibuat dengan bahan atau bumbu khusus yang membedakan dari makanan daerah lainnya.Indonesia juga mempunyai berbagai macam jajanan zaman dulu yang tak kalah lezat dan menarik. Mulai dari kue lupis, kue nagasari, kue klepon hingga arem-arem. Berbagai aneka jajanan tradisional ini mempunyai cita rasa lezat dan menggugah,Jika tertarik, terdapat beberapa resep aneka jajanan tradisional manis dan gurih yang bisa Anda coba. Beberapa resep aneka jajanan tradisional ini dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana. Cara pengolahannya juga mudah, tak memerlukan teknik yang rumit dan sulit. Sajian aneka jajanan tradisional ini sangat cocok dikonsumsi sebagai camilan ringan sehari-hari.Selain itu, berbagai aneka jajanan tradisional ini juga dapat dijadikan sajian camilan untuk berbagai macam acara, baik acara keluarga atau acara lainnya. Dilansir dari Cookpad, berikut beberapa resep aneka jajanan tradisional manis dan gurih yang bisa menjadi rekomendasi Anda.

-Kue Lapis Ketan

Bahan :

-500 gram tepung sagu/tapioka

-500 gram tepung terigu segitiga biru

-500 gram gula pasir

-1600 ml air

-800 ml santan kental (kara)

-1/2 sdt garam

-1/4 sdt vanili

-4 lembar daun pandan

-Pewarna pink rose dan hijau muda

BACA JUGA : Penting untuk Berhati Hati dengan Mesin Slot Online

Cara membuat:

1.Campur air, santan, daun pandan, garam dan vanili lalu masak sampai mendidih. Setelah mendidih matikan api dan dinginkan.
2.Campur tepung sagu, tepung terigu dan gula pasir, aduk sampai tercampur rata.
3.Masukkan santan dan aduk sampai tercampur rata.
4.Bagi adonan menjadi warna putih, merah dan hijau. Untuk adonan merah, sedikit saja karena hanya dibutuhkan untuk 1 lapis saja.
5.Didihkan air dalam kukusan kemudian masukkan loyang yang sudah dioles minyak, masukkan adonan merah, kukus selama 7 menit.
6.Setelah 7 menit, masukkan adonan warna putih sekitar 2,5 centong sayur atau sesuai selera, lalu kukus selama 7 menit.
7.Setelah 7 menit, tuang adonan hijau sebanyak 2,5centong sayur (jadi jumlah adonannya disamakan agar lapisannya rata) kemudian masak selama 7 menit.
8.Demikian seterusnya sampai semua adonan habis. Pada lapisan terakhir, kukus selama 15 menit.
9.Setelah matang angkat loyang dari kukusan dan biarkan hangat, baru dikeluarkan dari loyang.
10.Potong kue lapis dan sajikan.