Rekomendasi Jajanan Pasar

Rekomendasi Jajanan Pasar

Rekomendasi Jajanan Pasar – di Indonesia terdapat begitu banyak kuliner-kuliner menarik, tidak hanya kuliner yang beragam di Indonesia juga terdapat jajanan-jajangan. Hampir di setiap daerah memiliki jajanan atau camilan khas. Ngomongin jajanan, salah satu jajanan khas Indonesia yang menjadi favorit banyak orang adalah jajan pasar. Ada beragam jajan pasar dengan cita rasa menggugah selera. Tak hanya enak, jajan pasar khas Indonesia ini juga mengenyangkan dan kaya manfaat buat kesehatan.

1. Klepon

kelpon

Jajan pasar pertama ada klepon. Klepon merupakan jajan pasar yang sangat disukai. Klepon terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat dan diisi dengan gula merah kemudian direbus hingga matang. Sajian klepon makin lezat dengan taburan kelapa parut.

2. Onde-Onde

Onde-Onde

Jajan pasar selanjutnya yang paling favorit adalah onde-onde. Onde-onde terbuat dari tepung ketan, berbentuk bulat, diisi dengan kacang hijau dengan wijen di bagian luar. Onde-onde memiliki cita rasa gurih manis yang menggugah selera.

3. Lemper

Lemper

Jajan pasat selanjutnya adalah lemper. Lemper terbuat dari beras ketan dan berisi isian daging ayam cincang atau abon. Lemper adalah jajanan favorit yang masih sering disajikan di acara keluarga, acara pernikahan atau formal lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi Beberapa Jajanan Favorit Anak Kuliahan Di 2020

4. Dadar Gulung

dadar gulung

Jajan pasar selanjutnya yang sangat digemari adalah dadar gulung. Dadar gulung terbuat dari tepung beras yang dimasak seperti pancake kemudian diisi dengan kelapa parut campur gula merah.

5. Cenil

cenil

Cenil adalah jajan pasar yang paling favorit dan digemari hampir semua orang. Cenil terbuat dari tepung kanji, tepung tapioka atau tepung ketan. Dalam penyajiannya cenil ditaburi kelapa parut dan disiram dengan saus gula merah.

5 Jajanan Pasar Ini Mulai Jarang Ditemui Lho. Penasaran?

5 Jajanan Pasar Ini Mulai Jarang Ditemui Lho. Penasaran

Jajanmakanan.com – Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal kaya akan kulinernya, terutama soal makanan tradisional. Makanan tradisional sekarang ini tidak hanya bisa ditemukan di pusat oleh-oleh, namun juga bisa ditemukan di pasar tradisional yang menjual berbagai jajanan pasar tradisional khas Indonesia yang sampai sekarang masih menajdi favorit.

Di pasar tradisional tersebut, tersedia kue kering dan kue basah dengan cita rasa berbeda dan unik dengan harga yang terjangkau. Sayangnya, sekarang, keberadaan jajanan pasar sudah mulai jarang ditemukan karena maraknya street food yang menjual makanan cepat saji yang sedang tren. Yuk simak apa saja sih jajanan pasar favorit yang sekarang sudah mulai sulit ditemukan! Cenil atau yang sering dikenal dengan Cetil adalah salah satu jajanan tradisional yang berasal dari Jawa. Mirip dengan Ongol-Ongol, Cenil terbuat dari tepung sagu atau tepung kanji yang dihidangkan dengan parutan kelapa dan taburan gula pasir. Dengan rasa yang tentunya manis, bentuk kue ini bisa dibilang cukup unik, ada yang bulat, lonjong dan juga persegi. Agar lebih menarik, kue inipun juga menggunakan pewarna tambahan. Cenil merupakan salah satu jajanan yang populer di Pacitan dan sering dijadikan sebagai salah satu makanan alternatif bagi warga Pacitan sebagai pengganti besar saat terjadi kelangkaan.

Menurut sejarah, tekstur lengket yang dimiliki kue ini merepresentasikan orang Jawa yang memiliki tali persaudaraan yang kuat dan sulit dipisahkan. Sekarang ini, Cenil hanya bisa ditemukan di beberapa tempat penjual kue subuh saja. Lupis juga tak kalah nikmat dengan jajanan pasar lainnya. Sama dengan Cenil, kue basah ini juga berasal dari Jawa yang memiliki bentuk unik, yaitu segitiga sama sisi. Jajanan yang terbuat dari beras ketan ini memiliki tekstur legit yang biasanya disajikan dengan siraman gula merah cair yang manis dan dipercantik dengan parutan kelapa di atasnya. Kue timus atau yang juga dikenal dengan timus lemet ini mungkin terdengar asing untuk sebagian besar masyarakat. Kue dari Jawa Tengah ini biasanya menjadi teman untuk bersantai sambil menikmati teh hangat. Kue timus ini terbuat dari singkong rebus, gula jawa, tepung sagu dan beberapa bahan sederhana yang lainnya. Kue timus ini dibungkus dalam daun pisang dan dilipat memanjang dan dikukus. Tekstur kue timus ini kenyal dan lengket di bagian luarnya.

Saat menggigitnya, kamu akan merasakan sensasi gula merah yang meleleh dan gurih di mulut. Tak kalah nikmat, getuk merupakan salah satu makanan yang juga menjadi favorit namun sudah jarang ditemukan. Getuk atau Gethuk ini adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah, yaitu dari Magelang yang sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang. Getuk ini terbuat dari singkong yang dikukus kemudian ditumbuk dan diberi tambahan gula dan parutan kelapa di atasnya. Ada dua jenis getuk yang menjadi favorit, yaitu getuk lindir dan getuk goreng dengan berbagai varian rasa seperti nanas, cokelat dan varian lainnya. Mungkin sebagian dari kita merasa penasaran saat mendengar nama camilan yang satu ini. Dongkal atau yang biasa disebut dengan Awung ini juga merupakan makanan khas Betawi yang juga banyak ditemukan di daerah Bogor dan Bandung yang juga seringkali dikenal dengan nama Dodongkal. Kue dongkal ini sebenarnya memiliki tekstur yang mirip dengan kue putu. Namun, pembuatannya yang berbeda. Kalau kue putu dibuat dari cetakan berbentuk pipa yang terbuat dari potongan bambu, kue dongkal ini dikukus secara alami. Kue ini berwarna putih polos dengan tektur yang belang-belang hasil lapisan yang berulang antara tepung beras dan gula jawa. Cara penyajian kue inipun juga unik, yaitu dibentuk seperti tumpeng dan dipotong kecil-kecil saat sudah matang. Sama seperti kue yang lainnya, dongkal ini juga diberikan taburan parutan kelapa. Nah, itu dia beberapa jajanan yang pernah favorit namun sudah mulai jarang ditemukan sekarang ini. Yang mana yang jadi favoritmu, ShopBackers?

Baca juga : Kumpulan Resep Makanan Jajanan Pasar

Selain modal yang kecil, jenis makanan yang akan saya tampilkan adalah jenis jajanan yang praktis dan tentunya laris. Lontong sayur sebenarnya masih banyak dicari oleh para anak sekolah, terutama yang sekolahnya dipedesaan. Lontong sayur merupakan jajanan yang fenomoenal, banyak yang kangen dengan jajanan sejenis ini. Lontong sayur adalah makanan yang terbuat dari nasi yang terlebih dahulu nasinya dibungkus, dan diberikan sayur. Contoh sayur untuk kasus ini bisa beragam, salah satunya adalah sayur gori. Sebenarnya dalam penyiapan jajanan ini tidak terlalu sulit. Hal yang perlu kita persiapkan sebelum memulai berjualan, buat lontong sehari sebelum jualan dan untuk sayur bisa dimasak pas pagi pagi. Lalu dibawa ke lokasi sekitar sekolah, cocoknya bisnis kelontong dilakukan oleh mereka yang memiliki kantin disekitaran sekolah. Sosis goreng adalah sosis yang digoreng yang dicampur dengan bumbu saos. Jenis makanan ini sangat disukai oleh anak sekolah, tidak hanya anak SD, anak SMA juga menyukai jenis jajanan seperti ini, selain enak, sosis juga sangat menggoda . Walaupun belum digoreng saja udah enak, apalagi bila sudah digoreng dan dicampur dengan bumbu racikan yang dibuat sendiri. Kalau ini adalah jajanan rakyat ya, tidak hanya anak sekolah saja yang doyan, namun masyarakat umum juga suka dengan jajanan jenis ini.

Kumpulan Resep Makanan Jajanan Pasar

Kumpulan Resep Makanan Jajanan Pasar

Jajanmakanan.com – Getas ketan hitam ini merupakan variasi dari kue gemblong pada resep sebelumnya, dengan ciri khas berupa penggunaan tambahan tepung ketan hitam selain tepung ketan putih dan salutan gula yang berwarna putih.

Karena istilah gemblong dan getas bisa saling menggantikan, maka getas ketan hitam ini juga bisa disebut gemblong ketan hitam. 1. Campur tepung ketan putih, tepung ketan hitam, kelapa parut kasar, dan garam. 2. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. 3. Ambil sedikit adonan. Bentuk bulat lonjong pipih. 4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang. 5. Bahan Besta : Panaskan gula pasir, air, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai kental dan berbusa. 6. Tambahkan getas. Aduk sampai terbalur besta gula. Matikan api. Aduk lagi sampai balutan besta gula merata dan kering. Cake tape ketan kukus ini dibuat dengan memakai campuran bahan-bahan tradisional khas nusantara, yakni tape ketan hijau (tape ketan yang diberi pasta atau esens pandan) dan tape ketan hitam. Cake tape ketan kukus ini cocok dijadikan sebagai kudapan manis sebagai teman minum teh di sore hari.

Cara membuatnya sangat mudah, tinggal dikukus dan bahan-bahannya pun cukup murah. 1. Kocok telur bersama gula hingga mengembang. Tambahkan tepung yang sudah diayak. Aduk perlahan hingga rata. 2. Masukkan santan. Aduk rata. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Masing-masing beri tape ketan hijau dan tape ketan hitam. 3. Panaskan dandang. Tuang setengah bagian adonan hijau ke dalam cetakan/loyang persegi. Kukus hingga beku. Tuang adonan hitam. Kukus kembali. Lakukan hal yang sama hingga seluruh adonan habis. Kukus kembali selama 25 menit. Di Pulau Jawa, kue tradisional nusantara dengan bentuk bulat kecil berisi gula merah dan dilumuri parutan kelapa ini diberi nama kue klepon, sedangkan di Pulau Sumatera, kue yang berciri hampir sama ini namun dengan ukuran lebih besar dan berbentuk lonjong diberi nama onde-onde. Onde-onde atau klepon versi Sumatera bisa juga dibuat dengan menggunakan campuran ubi jalar dan tepung tapioka tanpa menggunakan tepung ketan. Di Jawa sendiri, kue dengan nama onde-onde ditujukan untuk kue yang berbentuk bola kecil, digoreng dan ditaburi wijen. 1. Campur parutan kelapa dengan garam. Aduk rata, kukus matang dan sisihkan. Kue dadar gulung, populer dikenal dengan nama kue dadar adalah salah satu kue nusantara yang merupakan jajanan pasar favorit yang paling sering dijumpai dijual di pasar tradisional. Kue dadar gulung sangat populer dan disukai berbagai lapisan masyarakat Indonesia karena cita rasa kuenya yang enak. Tekstur kulit kue dadar gulung yang lembut, dengan warna hijau beraroma wangi pandan, diisi parutan kelapa muda manis yang diberi gula jawa senantiasa memikat dan menggoda selera setiap orang untuk mencicipinya.

Bandung tidak hanya dikenal dengan beragam tempat wisata yang unik tapi juga aneka ragam kuliner kreatif kekinian. Salah satu buktinya bisa kamu lihat di jajanan kaki lima Bandung. Selain enak, harganya pun juga murah. Berikut ini daftar jajanan kaki lima Bandung yang wajib kamu coba saat melancong ke sana. Sebutan comro ternyata adalah singkatan dari oncom di jero yang dalam bahasa indonesia artinya oncom di dalam. Comro dibuat dengan menggunakan adonan parutan singkong yang dibentuk bulat lonjong. Di bagian tengahnya diisikan oncom berbumbu yang memberi rasa gurih dan pedas. Cemilan ini cocok dimakan bersama saat santai bersama keluarga. Dijamin kamu bakal ketagihan deh! Nah, kalau yang satu ini saudara kembarnya comro tapi memiliki cita rasa manis. Walaupun bahan dasarnya sama, yaitu adonan parutan singkong, isiannya sangat berbeda. Kalau comro diisi sambal oncom yang gurih pedas, maka misro menggunakan gula merah yang manis. Namanya pun mengandung arti sesuai dengan rasanya. Misro, amis di jero dalam bahasa Indonesia artinya manis di dalam. Kamu pasti sudah sangat mengenal jajanan yang satu ini kan? Cireng merupakan singkatan dari aci goreng. Sesuai dengan namanya, cireng berbahan dasar aci yang sudah dibumbu gurih lalu digoreng. Rasanya yang empuk dan kenyal membuat semua orang jatuh cinta.

Baca juga : 8 Jajanan Pasar Di Bawah 10 Ribuan

Kini, cireng bahkan sudah banyak dikombinasikan dengan beragam bahan makanan seperti sosis dan keju yang membuat tambah gemes. Bahkan ada juga hidangan rujak cireng yang menggabungkan antara cireng dengan saus rujak. Cireng dapat dengan mudah kamu temui di gerobak para pedagang kaki lima. Kalau mau yang sedikit lebih mewah, kamu bisa berkunjung ke kafe-kafe kekinian di Bandung yang menawarkan aneka menu modifikasi cireng. Kalau cireng adalah aci digoreng, maka cimol adalah aci digemol. Digemol artinya dibuat bulat-bulat. Setelah dibentuk bulat-bulat, cimol lalu digoreng dan dimakan dengan bumbu tambahan seperti bumbu pedas, barbeque, asam manis dan lain sebagainya. Makan cimol memberikan sensasi makan cireng namun lebih ringan dan kenyal. Cimol paling pas disantap saat hangat dengan ditemani minuman favoritmu. Masih dari keluarga aci. Yang satu ini memang juaranya jajanan Bandung deh. Apalagi kalau bukan cilok alias baso aci. Cilok ini sepintas memang mirip dengan baso tapi hanya terbuat dari aci tanpa tambahan daging.

8 Jajanan Pasar Di Bawah 10 Ribuan

Jajanan Pasar Di Bawah 10 Ribuan

Jajanmakanan.com – Indonesia itu surga makanan. Banyak makanan enak yang sebenarnya lebih tasty daripada makanan-makanan Western ataupun makanan Asia Timur lainnya. Jajanan pasar misalnya. Banyak jajanan pasar yang sebenarnya lebih enak daripada dessert-dessert import. Nah, kamu kangen sama jajanan-jajanan pasar dan sedikit kesulitan menemukannya di Jakarta? Tenang aja, Qraved tahu kok dimana keberadaan jajanan pasar yang enak di Jakarta. Selain enak, harga jajanan pasar berikut ini ga ada yang mahal kaya dessert-dessert ala-ala gitu.

Semuanya di bawah 10 ribu. Cireng yang sering kita temui di jalanan ataupun di pasar, sekarang sudah ada di mall. Rasanya pun semakin beragam. Kayak yang dibuat sama Cireng Keraton ini. Di sini ada cireng isi daging sapi, ada yang isi pizza, yang isi teriyaki pun ada. Lumpia enak ga cuma di Semarang. Di Jakarta juga punya lumpia enak. Kulit lumpianya pun segurih yang ada di Semarang. Isiannya pun lengkap, ada wortel toge dan ayam. Harganya di bawah 10 ribu!

Dulu, sewaktu kecil kamu sering dibawain pastel kalau mama pulang dari belanja di pasar? Sering dong pastinya yah. Nah, sekarang kamu ga perlu lagi nitip beliin pastel kalau mama mau ke pasar. Soalnya ada Pastel Ma’ Cik. Selain lokasinya yang mudah dicari, pastel Ma’ Cik ini enak banget. Isiannya khas. Kulit pastelnya pun renyah. Enak deh. Cobain gih. Otak-otak juga udah “naik kelas”. Sekarang kalau kamu mau cari otak-otak enak, ga perlu ke stasiun kereta ataupun depan sekolah. Di mall pun ada. Otak-otak yang satu ini, berasa banget ikan tengirinya. Teksturnya juga lembut dan kenyal. Tampilannya juga tebel. Sambelnya pedas. Kue putu yang satu ini pecah banget. Bahkan dalam arti yang sesungguhnya. Kue putu yang lembut ini akan pecah di mulut dan mengeluarkan gula merah. Anehnya, meskipun gula merahnya tergolong manis, tapi ga bikin enek. Tapi justru bikin kita ketagihan. Oke, tahan sebentar. Qraved tahu, kamu sedang nelan ludah karena ngeliat foto di atas. Yap, kue rangi yang satu ini emang sedap dipandang mata dan lezat di mulut. Kue ranginya gurih dan berasa banget kelapanya. Gula merahnya manis tapi ga bikin enek. Teksturnya juga lembut. Asli, enak banget! Kue mochi yang biasanya ada di pasar sekarang udah gampang kita temui. Salah satunya ya di Mochi-Mochi ini. Di sini ada banyak pilihan rasa mochi. Kamu bisa milih sesuka hati. Dan apapun rasanya, mochinya lembut dan kenyal. Nah, kalau yang satu ini, jajanan pasar yang terkenal banget di Indonesia Timur. Kue Popaco. Keberadaannya di Pulau Jawa emang ga terlalu banyak. Tapi, kalau kamu mau, kamu juga bisa nyobain kue Popaco di Beautika. Di sini kue popaco-nya enak banget. Kenyal-kenyal lembut. Santannya juga berasa. Manisnya pun ga bikin enek. Kamu pasti akan ketagihan memakannya!

Itu lah yang buat jajanan anak-anak di sekolah ini berbahaya”. 5.2.3. Pendapat tentang Pengawasan Jajanan Di Sekolah “………perlu itu. Kan banyak yang jualan di samping dari pagar. Uda dilarang,tapi masih banyak yang jualan dari tempat lain. Masalah nya juga kan itu merusak pemandangan, apalagi dsne mbak berhadapan dengan kantor camat…….kemarin kan ada kantin, tapi pengawasnya lah niinggal, kemarin ada mbak….sebelumnya juga sudah dilarang jualan dari pagar. Dulu ada waktu pak Zaini jadi kepala sekolah,,,,sekarang ya lah ganti mbak, sekarng pak Usman, sejak itu kantin nya idak bejalan mbak. Perlu ditingkatkan lagi pengawasan pada pedagang-pedagang khususya pedagang yang dari SD lain itu,,,yang sembarangan na mrka datang, ya namanya juga anak-anak, diunjuk makanan galak be mereka, mana mreka idak tau apo be di dalamnya. Selain itu kantin nya perlu dibuka lagi mbak, anak kita lemak makan disana, klo bawa bekal pun lemak mbak. Dan guru juga harus memperhatikan mereka, biar dak ado lagi yang lompat pagar nak beli jajanan diluar.(EN: orang tua) ……..“.. Atau dak tu waktu upacara kepala sekolahnya ngomong tentang pedagang-pedagang ini Cuma kayak itu lah dek seminggu sudah tu ngulang lagi namonyo orang nyari duit dek kalau idak tu dak laku daganganya..” (mantan pedagang).

Baca juga : Makanan Sehat Yang Baik Dan Buruk Untuk Tubuh

“Perlu, tetapi untuk disekolah ini belum ada peraturan (kontrak tertulis) yang jelas untuk mengatur perdagangan jajanan sekolah. Pengawasan yang dilakukan pun tidak bersifat terpadu tetapi hanya satu atau dua pihak sekolah (guru) yang mengingatkan pedagang untuk memperhatikan kesehatan dari jajanan……..” Selama ini bentuk pengawasan yang ada hanya berupa himbauan saja kepada para pedagang. Karena kami dari pihak sekolah juga tidak berhak untuk melarang orang mencari rezekinya…..” Baru minggu kemarin, pihak Puskesmas Indralaya mengadakan penyuluhan kesehatan jajanan sekolah di SD ini. Tetapi ini sifatnya tidak rutin hanya sebatas keperluan Puskesmas saja. Penyuluhan ini mengajak anak-anak untuk membawa bekal makanan sendiri dari rumah”( ibu ER:Guru) “Iyo lah dek sudah pasti itu, kalo dak diawasi pasti bakal tambah bahayo. Kalo disekolah ini upaya yang sudah dilakukan memang belum maksimal dek, tapi kalo ibu dewek ngawasinyo dengan ngasih tau ke anak-anak yang ibu ajari kalo jajanan yang cak sosis tu dari daging tikus. Memang biso merubah kebiasaan jajan mereka dek, tapi itu-tu Cuma biso bertahan paling lamo 2 hari dek, sudah itu ngulang lagi mereka jajan sosis tu.

10 Jajanan Pasar Yang Sayang Dilewatkan

10 Jajanan Pasar Yang Sayang Dilewatkan

Jajanmakanan.com – Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang tidak terbatas, mulai dari makanan berat hingga jajanan pinggir jalan yang menggiurkan. Jajanan tersebut pun terdiri atas beraneka macam rasa, mulai dari manis hingga gurih. Beberapa di antaranya mudah ditemui, tetapi beberapa lagi harus Anda cari di pasar-pasar tradisional. Tidak hanya bisa menjadi camilan di sore hari, Anda juga bisa menikmati jajanan sebagai sarapan ringan di pagi hari.

Apa saja jajanan pasar tersebut? Makanan ini terbuat dari beras ketan dan berisi cairan gula merah. Bagian luarnya kemudian digulirkan ke dalam parutan kelapa sehingga rasanya gurih bercampur manis. Camilan berbentuk bulat ini ternyata tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga di Brunei Darussalam, Malaysia, dan Singapura. Hati-hati saat mengonsumsi klepon yang baru matang, jangan sampai gula merahnya menyembur ke pakaian Anda. Tampilannya seperti pipa kecil karena mengikuti wadah tempat memasaknya, yaitu batang bambu. Putu memiliki ciri khas dari bunyinya yang tinggi melengking sehingga penjualnya mudah dikenali dari jauh.

Meskipun tampilannya berbeda, bahannya hampir sama dengan klepon. Perbedaannya hanyalah tepung beras yang digunakan putu tidak selengket klepon, sehingga bila tidak dimasak sampai matang, adonannya mudah buyar. Mungkin ini adalah jajanan yang paling mudah ditemui dan dikenal berbagai lapisan masyarakat. Tidak hanya dijual di pasar, penjual jajanan pinggir jalan pun terkadang memasukkan onde-onde ke dalam jualan mereka. Bentuknya bulat dan bagian luarnya dihiasi biji wijen. Isinya bisa macam-macam, tetapi umumnya kacang hijau. Makanan khas Jawa Tengah ini terbuat dari pati ketela pohon dan tersaji dalam berbagai bentuk, seperti kotak dan bulat. Teksturnya kenyal dan rasanya manis sehingga camilan ini tidak hanya disukai orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Sebelum cenil yang sudah matang siap dihidangkan, biasanya akan diberi parutan kelapa dan taburan gula pasir. Tampilannya sangat menarik, terutama bagi kalangan anak-anak. Kue lapis umumnya terdiri atas dua sampai tiga warna. Terbuat dari tepung beras, santan, gula, garam, dan pewarna, kue ini teksturnya kenyal dan rasanya manis.

Baca juga : Cara Unik Pembuatan Clorot

Mereka yang menyukai kue ini umumnya memakannya dengan dua cara: langsung digigit atau melepas lapis demi lapis. Seperti klepon, kue ini juga dapat ditemui di negara tetangga, mulai dari Brunei Darussalam, Malaysia, hingga Singapura yang disebut kuih lapis. Penganan ini terbuat dari singkong. Setelah dikukus dan dikupas, singkong dihancurkan kemudian dicampur dengan kelapa parut, gula, dan sedikit garam. Gula juga kadang diganti dengan gula merah agar warnanya lebih kecokelatan dan memiliki rasa gurih. Gethuk juga kerap dibuat dengan menggilingnya di penggiling daging lalu dipotong-potong berbentuk kotak dan ditaburi kelapa. Orang mengenalnya dengan nama gethuk lindri. Para penjual gethuk lindri mudah dikenali dari jauh karena sering memasang lagu dangdut kencang-kencang di gerobak mereka. Namanya terdengar aneh dan menggelitik telinga. Makanan ringan ini berasal dari Jawa Barat dan terbuat dari tepung sagu aren kering, air, gula Jawa, daun pandan, kelapa, dan garap. Termasuk ke dalam golongan kue basah karena teksturnya yang lembut dan kenyal, rasanya manis dengan sedikit rasa gurih saat Anda kunyah.

Sayang, ongol-ongol kini mulai langka keberadaannya karena peminatnya yang semakin berkurang. Kue ini terbuat dari ketan yang ditaburi parutan kelapa dan disiram gula merah cair, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Rasanya manis dan gurih. Meskipun termasuk ke dalam golongan jajanan pasar, di beberapa daerah, lupis kerap menjadi hidangan saat sarapan. Kue ini masih cukup sering kita temui di pasar atau pinggir jalan. Camilan ini dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan sedikit santan dan parutan kelapa sehingga teksturnya renyah saat digigit. Sekarang, kue pancong tidak hanya dicampur dengan kelapa. Beberapa varian rasa modern juga sudah dikembangkan, seperti cokelat dan keju. Dari luar tampak tidak menarik karena hanya adonan putih yang dibungkus dengan daun pisang. Namun, sekali gigit saja, Anda akan menemukan potongan pisang di dalamnya. Nagasari memiliki rasa yang gurih manis. Terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang bagian dalamnya diisi pisang. Orang Bugis sendiri menyebut kue ini bandang-bandang. Namun, ada pula yang hanya menyebutnya dengan nama kue pisang.

Selain itu, janganlah sampai lupa untuk memanaskan oven terlebih dahulu sebelum adonan siap diganggang kurang lebih 5 menit. Jangan sampai biarkan adonan yang siap dipanggang terlalu lama berada di suhu ruangan, (penyebab bantat). Mungkin hal ini sepele bagi Anda tapi ini hal yang akan menyebabkan adonan turun dan mengalami bantat ketika saat sudah matang. Di jamin mendapatkan balu pandan yang bagus dengan mengembang sepurna dan berteksur sangat lembut. Banyak orang yang mengenal kue ini dengan sebutan kue lapis karena biasanya kue ini terdiri dari dua warna yang berlapis-lapis. Kue ini sudah banyak ditemui di daerah-daerah di Indonesia. Keunikan dari kue ini yaitu dikukus setiap lapisannya sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan. Makanan ini dijamin enak dan sehat karena pewarna yang digunakan untuk kue lapis bisa terdiri dari pewarna makanan buatan atau pewarna alami. Pewarna yang sudah pasaran atau sudah banyak orang bikinya dengan pewarna sirup bunga mawar (merah) dan pandan (hijau).

Aneka Jajanan Pasar Ini Cocok Untuk Ngemil

Aneka Jajanan Pasar Ini Cocok Untuk Ngemil

Jajanmakanan.com – Meskipun banyak yang bilang sering ngemil bisa membuat gemuk, tetapi nyatanya ngemil masih menjadi kegiatan favorit banyak orang di sela-sela kesibukan yang melelahkan. Bila biasanya makanan ringan seperti keripik menjadi menu favorit ngemil, nggak ada salahnya Anda untuk mencoba aneka jajanan pasar Indonesia ini, lho! Selain rasa yang enak dan harganya yang tergolong murah, jajanan-jajanan khas Indonesia ini juga lebih ampuh membuat kita cepat kenyang! Berikut 7 jenis jajanan pasar Indonesia yang wajib dicoba! Makanan yang bertekstur kenyal ini terbuat dari tepung beras ketan dan diisi dengan gula merah cair yang dijamin sukses nyiptain rasa manis dan lezat begitu sampai di lidah Anda. Onde-onde terkenal berasal dari daerah Mojokerto.

Makanan dengan rasa manis asli dari kacang hijau ini bertekstur garing dengan taburan biji wijen di bagian luarnya. Di beberapa tempat, Anda juga dapat membeli onde-onde dengan berbagai variasi rasa. Jajanan yang umumnya juga dijual di tukang gorengan ini terbuta dari singkong yang diparut halus kemudian digoreng berbentuk lonjong dengan oncom pedas sebagai isinya. Rasa garing dan pedas yang segar dari oncom membuat Combro cocok dijadikan cemilan di siang hari. Berbeda dengan Combro, isi dari Misro adalah gula merah cair seperti klepon. Sementara untuk bahan dasar, Misro terbuat dari bahan yang sama seperti Combro. Kue dengan warna-warni cantik dan mencolok ini bertekstur kenyal dan rasa manis yang pas. Kue lapis cocok dijadikan cemilan teman minum teh hangat. Penampilannya yang mirip Lontong kadang membuat orang tertukar. Lemper memang memiliki bentuk yang mirip dengan Lontong, yaitu sama-sama dibungkus dengan daun pisang. Namun, dari segi bahan berbeda. Lemper terbuat dari beras ketan dengan isi ayam atau abon. Karena terbuat dari beras ketan yang mengenyangkan, lemper juga sering dijadikan pilihan sarapan. Makanan yang sangat familiar di daerah Jawa Tebgah dan Timur ini terbuat dari camuran singkong dan gula. Rasa dari Getuk adalah manis dengan sedikit rasa gurih yang berasal dari parutan kelapa di luarnya.

Karena rasanya yang enak, orang Belanda kerap mengucap “lekker” setiap menyantap kue ini. Di siang hari yang terik, biasanya anak sekolah sangat suka menikmati makanan dan minuman yang segar dan manis untuk pelepas dahaga seperti es. Salah satu es yang banyak digemari di masa sekolah adalah es kue gabus. Jajanan anak sekolah yang berbahan dasar tepung hunkwe ini memiliki tekstur empuk dan lembut, tidak seperti es kebanyakan. Pembuatannya pun hanya membutuhkan tiga bahan yang mudah dicari dan murah seperti tepung hunkwe, gula pasir, dan kelapa. Gulali terbuat dari gula yang dikeraskan. Yang membuat unik jajanan ini adalah teksturnya yang lembek hingga bisa dibuat dalam bentuk apapun, seperti hewan, tumbuhan, atau tokoh kartun favorit kita. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang menyukai makanan manis ini. Meski terlihat sederhana dan murah meriah, bisnis jajanan anak sekolah bisa meraup hingga jutaan rupiah per bulannya. Pasalnya, semakin banyak generasi 90an yang ingin bernostalgia dengan kenangan masa kecil, salah satunya lewat jajanan masa sekolah mereka. Agar tidak membosankan, gunakan kreativitas kita untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Jawa Timur adalah kebanggaanku karena disalah satu kota ini aku dilahirkan,dibesarkan,sampai bekerja dan menetap disini. Kota onde-onde adalah julukan Kota Mojokerto, karena onde-onde adalah salah satu makanan khas mojokerto. Hampir semua toko kue di Kota Mojokerto menyediakan jajanan ini. Yang paling terkenal adalah Onde-onde Bo liem yang terletak di Jalan Niaga no 21 Mojokerto. Dan tidak lengkap rasanya kalau anda berkunjung ke kota mojokerto tidak mencicipi onde-onde. Dulu Onde-onde pasti isi kacang, sekarang sudah banyak variasi rasa, bentuk dan harga tentunya. Bahan kulitnya terbuat dari tepung ketan,tepung sagu,santan dan isinya biasanya terbuat dari kacang hijau yang dikukus bersama santan,gula,dan daun pandan dibentuk bulat dan digulingkan ke wijen sebelum digoreng. Bentuknya yang bulat dan berwarna hijau muda,Rasa yang tersimpan dari klepon sangat lezat,Karena manis gula merah sebagai isinya seperti madu. Rahasia kelezatan klepon memang pada isinya yang terbuat gula merah yang dicairkan lebih dulu.Sedangkan untuk kulit luar klepon berasal dari campuran adonan yang terbuat dari adukan tepung ketan, dengan air perasan daun pandan secukupnya.Setelah diuleni adonan dibulatkan sebesar kelereng.

Baca juga : Resep Jajanan Pasar Tradisional Kemplang

Lalu, diisi cairan gula. Setelah itu dimasukkan dalam panci berisi air mendidih. Tunggu sampai klepon mengapung, lalu diguling-gulingkan dalam parutan kelapa muda. Selain enak dan gurih, rasa manis yang berasal dari cairan kental gula merah pun begitu mendominasi. Beras ketan kemudian dimasukkan ke dalam daun pisang, diikat dan direbus. Setelah matang, lupis dipotong-potong menggunakan alat potong khusus hingga siap disajikan. Agar nikmat saat disantap, lupis dicampur bersama parutan kelapa serta gula merah yang sudah dicairkan. Cenil merupakan jajanan pasar tradisional khas Indonesia yang sampai saat ini masih terlihat banyak dijual. Terbuat dari singkong yang dicampur dengan agar-agar sehingga rasanya menjadi kenyal. Walaupun belum diketahui dengan pasti darimana kue ini berasal tapi di jawa timur kue ini banyak sekali dijual. Kue yang berisi gula jawa dan parutan kelapa, tepung beras butiran kasar. Kue ini di kukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan dan dijual pada saat matahari terbenam sampai larut malam.

Suara khas uap yang keluar dari alat suitan ini sekaligus menjadi alat promosi bagi pedagang yang berjualan. Kebanyakan warna dari kue putu ini adalah putih dan hijau. Makanan khas dari daerah Gresik ini. Dibuatnya dari campuran ketan hitam, ketan putih, santan kelapa dan gula.Kemasan jubung ini juga lain dari pada makanan tradisional yang biasa saya temui. Pembungkusnya adalah daun lontar yang dijahit membentuk sebuah cup atau gelas kecil. Pudak adalah makanan/kue khas kota Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Pudak juga ada yang berbahan sagu dan disebut pudak sagu. Pada perkembangannya, ragam pudak tidak terbatas 3 rasa macam saja seperti sebelumnya : pudak putih (gula pasir), pudak merah (gula jawa) dan pudak sagu. Jika kita berwisata atau berkunjung di kota Bojonegoro, apa salahnya jika kita menikmati jajanan tradisional yang ada di Bojonegoro. Pastinya jajanan tradisional yang harganya murah dan sangat pas di kantong dompet kita semua. Ledre adalah makanan khas Bojonegoro. Berbentuk gapit (seperti emping gulung) dengan aroma khas pisang raja yang manis. Sangat tepat untuk teman minum teh atau dan sajian tamu atau untuk oleh-oleh.